Peningkatan Hasil Belajar IPAS Peserta Didik Menggunakan Model Project Based Learning Berbasis TPACK di Kelas IV B SD Negeri 05 Pasar Muara Labuh Kabupaten Solok Selatan
Main Article Content
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik kelas IV B SD Negeri 05 Pasar Muara Labuh. Dapat dilihat dari proses pembelajaran, peserta didik mengalami kesulitan memahami materi pada mata pelajaran IPAS karena kurangnya penerapan model pembelajaran yang tepat. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV B menggunakan model Project Based Learning berbasis TPACK. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV B SD Negeri 05 Pasar Muara Labuh Kabupaten Solok Selatan pada semester I tahun ajaran 2024/2025. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Penelitian ini berhasil menunjukkan peningkatan hasil belajar dari siklus I 59,6% menjadi 84,7% pada siklus II, dengan persentase peningkatan sebesar 25,1%. Hasil pengamatan aktivitas pendidik menunjukkan peningkatan dari siklus I 77,2% menjadi 92,4% pada siklus II, dengan persentase peningkatan sebesar 15,2%. Hasil pengamatan aktivitas peserta didik menunjukkan peningkatan dari siklus I 68,2% menjadi 87,9% pada siklus II, dengan persentase peningkatan sebesar 19,7%. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Project Based Learning berbasis TPACK berhasil dalam peningkatan hasil belajar IPAS peserta didik kelas IV B SD Negeri 05 Pasar Muara Labuh.
Arikunto, S., Suhardjono., & Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Atmojo, Idam Ragil Widianto., dkk. 2022. Pendekatan TPACK dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Surakarta: CV. Pajang Wijaya.
Lestari, S & Ahmad., A. 2022. Choaching untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Berbasis Proyek. Jawa Timur: Kun Fayakun.
Manasika, Oktaffi Arinna. 2022. Model Pembelajaran Inovatif dan Rancangan Pembelajaran untuk Guru IPA SMP. Jawa Timur: LPPM UNHASY Tebuireng Jombang.
Natty, R., Firosalia, K., & Indri, A. 2019. Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082-1092.
Ningsih, Prapti Oktavia., dkk. 2023. Penerapan Model Project Based Learning dengan Pendekatan TPACK Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(4), 707-719.
Purnama, Sigit. 2020. Penelitian Tindakan Kelas untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Setyowati. 2020. Belajar Energi Bunyi dengan KIT IPA. Jawa Tengah: CV. Pilar Nusantara.
Suhelayanti., dkk. 2023. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Universitas Negeri Gorontalo. Yayasan Kita Menulis.
Sukmawati, F., Eka, B., & Suharno. 2022. Technological Pedagogical Content Knowledge dalam Pembelajaran Abad 21. Sukoharjo: CV. Prodina Pustaka Group.
Surya, A., Stefanus, C., & Agustina, T. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Kelas III SDN Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41-54.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wardhani, Desma. 2021. Peningkatan Keterampilan Menyusun Teks Deskripsi Melalui Pembelajaran Dengan Media Mind Map pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 05 Lebong Tahun Ajaran 2021/2022. Jln. Perintis Kemerdekaan No. 09: CV. Tatakata Grafika.
Yunizar, Yesi. 2022. Penerapan Metode Project Based Learning menggunakan Pendekatan TPACK pada Pembelajaran Administrasi Infrastruktur Jaringan Kelas XI Teknik Komputer Jaringan Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 2851-2860.