Siswa SD Negeri 12 Batang Lawe kesulitan dalam memahami pembelajaran Matematika khususnya di kelas V. Kesulitan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya, yakni kurangnya penggunaan model pembelajaran yang bervariasi. Solusi dari pemecahan masalah tersebut adalah penggunaan model project based learning dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mendiskripsikan peningkatan kualitas proses pembelajaran dan hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini siswa kelas V SD Negeri 12 Batang Lawe Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan pada semester II tahun ajaran 2023/2024. Penelitian dilakukan selama satu bulan sebanyak dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Penelitian dengan menggunakan model project based learning berhasil meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V pada siklus II. Peningkatan hasil belajar ditandai oleh peningkatan ketuntasan belajar Matematika. Siklus I persentase ketuntasan hasil belajar, yaitu 65% meningkat pada siklus II menjadi 85%. Aktivitas guru persentase ketuntasan siklus I, yaitu 86,6% meningkat pada siklus II menjadi 95%. Aktivitas siswa persentase ketuntasan siklus I, yaitu 63,3% meningkat pada siklus II menjadi 90%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model project based learning dapat meningkatkan proses dan hasil belajar pembelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 12 Batang Lawe Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan.
Keywords:
Sistem Informasi Presensi