Gaya Bahasa pada Lirik Lagu Bergema Sampai Selamanya Karya Nadhif Basalamah: Kajian Stilistika
Main Article Content
Nur Qadri Malabbi
Andi Anugrah Batari Fatimah
Intan Fandini
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan gaya bahasa dalam lirik lagu "Bergema Sampai Selamanya" karya Nadhif Basalamah melalui pendekatan stilistika. Fokus analisis diarahkan pada identifikasi jenis gaya bahasa serta fungsinya dalam membentuk makna emosional, simbolik, dan reflektif. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis data berdasarkan teori stilistika Leech dan Keraf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lirik lagu ini memanfaatkan berbagai bentuk gaya bahasa, seperti metafora, hiperbola, personifikasi, imagery visual, dan diksi kolokial, yang berfungsi membangun kedekatan emosional, menyampaikan refleksi eksistensial, serta merepresentasikan harapan terhadap kesinambungan makna dalam relasi antarindividu. Temuan ini mengindikasikan bahwa lirik lagu sebagai teks sastra populer memiliki potensi besar sebagai media ekspresi batin dan spiritualitas, serta mampu mencerminkan dinamika emosional generasi muda dalam konteks budaya kontemporer.
Amelia, R., & Hasan, T. (2022). Bahasa simbolik dalam musik populer dan implikasinya terhadap pemaknaan emosional. Jurnal Linguistik dan Budaya, 14(2), 87–95. https://doi.org/10.1234/jlb.v14i2.872
CNN Indonesia. (2023, Oktober 14). Musisi muda makin diminati karena lirik yang emosional dan jujur. CNN Indonesia. Diakses dari https://www.cnnindonesia.com/hiburan/musisi-muda-lirik-emosional
Keraf, G. (2009). Diksi dan gaya bahasa (ed. revisi). Jakarta: Gramedia.
Kompas.com. (2024, Januari 5). Lagu reflektif makin digemari generasi muda, ini alasannya. Kompas.com. Diakses dari https://www.kompas.com/hype/read/2024/01/05/lagu-reflektif-dan-generasi-muda
Leech, G. N. (1969). A linguistic guide to English poetry. London: Longman.
Merriam, A. P. (1964). The anthropology of music. Evanston: Northwestern University Press. en.wikipedia.org+8nupress.northwestern.edu+8sciepub.com+8
Pramudita, B. (2021). Simbolisme sebagai wujud spiritualitas dalam lagu kontemporer. Jurnal Ilmu Seni dan Estetika, 7(1), 44–53. https://doi.org/10.25077/jise.7.1.2021.44
Sari, M., & Utami, D. (2023). Eksplorasi gaya bahasa hiperbolik dan repetitif dalam lirik lagu populer Indonesia. Jurnal Bahasa dan Media, 10(1), 23–31. https://doi.org/10.22146/jbm.10.1.2023.23
Waluyo, H. J. (2002). Apresiasi puisi: Panduan untuk pelajar dan mahasiswa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. dpk.kepriprov.go.id+7books.google.com+7books.google.com+7
Yuliana, N., & Kurniawan, A. (2022). Gaya bahasa dalam lirik lagu populer sebagai bentuk aktualisasi emosi remaja. Jurnal Stilistika Nusantara, 3(2), 112–121. https://doi.org/10.32734/jsn.v3i2.112