Analisis Minat Nasabah Dalam Menggunakan Aaplikasi Byond Untuk Meningkatkan Loyalitas Nasabah Di BSI KCP GKB Gresik
Main Article Content
Darian Fahris Ghofur
Sofiah
Mobile banking merupakan layanan perbankan yang mempermudah nasabah bank dalam melakukan transaksi perbankan melalui ponsel atau smartphone, seperti halnya BSI Mobile. Pada beberapa waktu yang lalu Bank BSI menyarankan kepada jumlah pengguna BSI Mobile untuk beralih ke aplikasi terbarunya yaitu Byond by BSI. Namun untuk saat ini pengguna aplikasi Byond masih sangat kecil jika dibandingkan dengan jumlah nasabah di Bank BSI KCP KCP GKB Gresik. Rendahnya minat nasabah pada penggunaan aplikasi Byond di Bank Syariah Indonesia KCP GKB disebabkan oleh beberapa hal antara lain masih banyaknya nasabah yang nyaman dengan aplikasi BSI Mobile, masih banyaknya nasabah BSI yang belum menggunakan smartphone, keterbatasan nasabah dalam mengoperasikan aplikasi/teknologi yang meliputi keterbatasan kemampuan dan pengetahuan, serta daerah tempat tinggal yang belum sepenuhnya didukung dengan jaringan internet. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana minat nasabah dalam menggunakan aplikasi Byond untuk meningkatkan loyalitas nasabah di Bank BSI KCP GKB Gresik. Sehingga dapat diketahui tinggi atau rendahnya minat nasabah pada penggunaan aplikasi Byond by BSI. Bentuk penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara. Penelitian ini bermaksud menggambarkan kejadian atau fakta yang terdapat pada suatu objek penelitian dengan cara melakukan wawancara. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa minat nasabah pada penggunaan aplikasi Byond masih tergolong rendah sehingga masih banyak nasabah yang belum menggunakan layanan Byond. Disamping itu, BSI Mobile dapat meningkatkan loyalitas nasabah dengan kemudahan-kemudahan transaksi yang diberikan pihak bank kepada nasabah. Nasabah yang tidak menggunakan layanan Byond juga tetap menjadi nasabah yang loyal pada Bank BSI KCP GKB Gresik karena respon baik dan aktif dari pihak bank dalam memenuhi kebutuhan nasabah.
Acep Samsudin dkk. (2023). “ Strategi meningkatkan kualitas pelayanan melalui BSI Mobile
pada Bank Syariah Indosnesia”. ( Jawa Timur. Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam Vol 4 No 5.)
Siti Sofia Sari. (2023). “ Strategi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Melalui BSI Mobile Pada
Bank Syariah Indonesia KC Medan Askara”, ( Sumatera Utara, Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi dan Kewirausahaan (JIMEK)).
Teresia Perpetua Kota dan Sri Yani Kusumastuti (2022). “Analasis Pengaruh Minat Nasabah
Dalam Menggunakan Mobile Banking Dengan Menggunakan Kerangka Technology Acceptance Model (ATM)”. Jurnal Apresiasi Ekonomi Vol 10 No 3).
Muhammad Vadly Azhar Lubis dan Onan Marakali Siregar (2021). “Analisis Minat Nasabah
Pada Penggunaan Aplikasi BSI Mobile Dalam Upaya mningkatkan Loyalitas Pelanggan Pada BSI KCP Rantauprapat”. (E-proceeding SENRIABDI Vol 1 No 1).
Faturroziah Syiva Noer (2021). “ Analisis Minat Nasabah Dalam Penggunaan Mobile Banking (Studi di Bank Syariah Indonesia KCP Pacitan)”. IAIN Ponorogo.
Pranantha Elsando Yoga (2021). “Pengaruh Kualitas Layanan dan Fitur Produk BSI Mobile
Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia Di Kabupaten Sleman”. Universitas Islam Indonesia.
Pramesti Widia Eka dkk (2023). “Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Mobile Bnanking
Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Jember”. Jurnal Penelitian IPTEKS Vol 8 No 1.
Hidayat Romi (2024). “Minat Nasabah Menggunakan BSI Mobile Bank Syariah Indonesia Di Provinsi Jambi”. UIN Sunan
Kalijaga Yogyakarta.
Latif, N., Purwanto, V., Aisyah, N. N., Salsabila, D., Setianingrum, N., Program, A., Syariah, S. P., Ekonomi, F., Islam, B., Kiai, U., Achmad, H., & Jember, S. (2024). Tansformasi Digital Sebagai Inovasi Layanan Prima BSI Kepada Nasabah. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital, 01(03), 615–617.