Hipotesis Penelitian Dalam Statistik Manajemen Pendidikan: Konsep, Jenis, dan Prosedur Pengujian
Main Article Content
Prihaten Maskhuliah
Vera Ayu Vidiyanti
Ayu Dwi Jayanti M. Putri
Mawar Wailusu
Zulfadli
Safrudin Supraman
Hipotesis memiliki peran sentral dalam penelitian statistik manajemen pendidikan karena menjadi dasar dalam merumuskan pernyataan ilmiah yang dapat diuji secara empiris. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam konsep, jenis, dan prosedur pengujian hipotesis yang relevan dalam konteks pendidikan. Permasalahan utama yang diangkat adalah rendahnya pemahaman konseptual dan praktis di kalangan peneliti pendidikan terhadap pentingnya hipotesis dalam proses analisis data dan pengambilan keputusan. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif berbasis studi pustaka terhadap literatur lima tahun terakhir yang membahas hipotesis statistik, jenis-jenisnya (deskriptif, komparatif, asosiatif, kausal), serta prosedur pengujiannya (uji-t, ANOVA, regresi). Hasil kajian menunjukkan bahwa pemahaman yang sistematis terhadap hipotesis dapat meningkatkan kualitas metodologi dan validitas hasil penelitian. Temuan konseptual ini juga menegaskan bahwa pengujian hipotesis tidak hanya bersifat teknis, melainkan berkontribusi langsung dalam peningkatan mutu manajemen pendidikan berbasis bukti ilmiah. Dengan demikian, pengetahuan tentang hipotesis menjadi kunci dalam membangun kebijakan dan inovasi pendidikan yang lebih adaptif dan terukur.
Chyan, P., Marsisno, W., Arniyati Athar, G., Wasito, N., Minggani, F., Awal Nur, M., Gati Ningsih, A., Arina, F., Zulaeha, O., Sarman, F., Yulianto, A., & S I Asbanu, D. E. (2023). Statistika Pendidikan (Panduan Praktis Statistika untuk Pendidikan) PT. MIFANDI MANDIRI DIGITAL (Issue October).
Wahjusaputri, S., & Purwanto, A. (2022). Statistika Pendidikan. In Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. (Vol. 1, Issue April).
yulingga nanda hanief & wasis himawanto. (2024). Statistik Pendidikan. In Media Akademi (Issue February).