Pengembangan Media Diorama Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Pada Materi Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Persatuan Kelas IV SD
Main Article Content
Fifi Aleyda Yahya
Revina Anessa Putri
Hesti Restiana
Pembelajaran Pendidikan Pancasila memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan kepada siswa sejak usia dini. Salah satu materi penting yang diajarkan adalah Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa. Untuk meningkatkan pemahaman terhadap materi tersebut, media pembelajaran yang menarik dan kontekstual sangat diperlukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media diorama yang sesuai dengan materi Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan research and development (R&D) yang mengacu pada model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan angket yang diberikan kepada guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media diorama yang dikembangkan mampu membantu siswa memahami pentingnya Bahasa Indonesia sebagai alat pemersatu bangsa secara lebih menyeluruh. Guru dan siswa juga memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media ini dalam proses pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa media diorama dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran yang efektif dalam mendukung pengajaran Pendidikan Pancasila, khususnya pada materi Bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Penelitian lanjutan diharapkan dapat memperluas penggunaan media diorama pada materi dan jenjang pendidikan lainnya.
Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach. Springer.
Fitriani, N. (2021). Peningkatan pemahaman nilai kebangsaan melalui media visual dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila. Remaja Rosdakarya.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemdikbud.
Lestari, I. (2020). Pengaruh media diorama terhadap minat dan pemahaman siswa dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila. Deepublish.
Mutlu, M., & Erden, F. (2020). Visual-based instructional materials: Effects on conceptual understanding and motivation. International Journal of Educational Research, 103, 101609. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101609
Sugiyono. (2011). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suparno, P. (2013). Filsafat konstruktivisme dalam pendidikan. Kanisius.