Analisis Kelayakan Usaha Pada Pondok Pesantren Darul Hikmah Al-Ghazalie
Main Article Content
Nadia Arifianti Wakhida
Nur Siti Ima Ayu Rofiqoh
Putri Aulia Zena Muzakki
Aulia Putri Ayu Wulandari
Mutia Dewi Ananda
Pondok Pesantren Darul Hikmah Al-Ghazaalie Jember merupakan lembaga pendidikan Islam yang tidak hanya fokus pada aspek keagamaan, tetapi juga mengembangkan potensi ekonomi pesantren melalui pendekatan berbasis pemberdayaan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sumber daya dan kelayakan ekonomi pesantren dengan pendekatan SWOT dan perencanaan usaha berbasis syariah. Pesantren telah memiliki beberapa unit usaha seperti koperasi, kantin, dan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang berjalan dengan melibatkan santri, alumni, dan masyarakat sekitar. Selain itu, pesantren memiliki potensi ekonomi dari dua program keterampilan utama, yaitu Tata Busana dan Teknik Kendaraan Ringan (TKR), yang dikembangkan menjadi unit usaha konveksi dan bengkel syariah. Analisis SWOT menunjukkan bahwa kekuatan utama pesantren terletak pada keterlibatan masyarakat dan kemandirian ekonomi, sementara kelemahan utama adalah kurangnya regulasi pengembangan usaha. Dari aspek kelayakan keuangan, kedua usaha dinilai menguntungkan dengan potensi pasar yang luas dan biaya produksi yang rendah karena memanfaatkan tenaga internal. Usaha ini juga memenuhi prinsip syariah dan berdampak signifikan dalam pemberdayaan santri dan masyarakat. Kesimpulannya, pengembangan unit usaha berbasis keterampilan di pesantren tidak hanya layak secara ekonomi tetapi juga memperkuat fungsi pesantren sebagai pusat dakwah, pendidikan, dan pemberdayaan umat secara berkelanjutan.
Dhofier, Zamakhsyari, (1994) Tradisi Pesantren
[Ikatan Akuntan Indonesia, Pedoman Akuntansi Pesantren (Jakarta: Departemen Ekonomi dan Ekonomi Syariah Bank Indonesia, 2018), 5.]
Rofa, I. T., Meilani, A. R., an Hasibu, N. M., Nasution, A. K., & Suhairi, S. (2021). Analisis Aspek Pemasaran Dalam Studi Kelayakan Bisnis. VISA: Journal of Vision and Ideas, 1(2), 222-235.
Siregar, I. N. (2022). Pengaruh Syariah Compliance, Promosi dan Teknologi Terhadap Reputasi Bank Syariah Indonesia dan Dampaknya terhadap Loyalitas Nasabah. Journal of Comprehensive Islamic Studies, 1(1), 183-198.
Hapsari, N. T., Arisandi, A., Putri, C., & Sari, P. R. (2025). Pelatihan Digital Marketing Untuk Pemasaran Produk Siswa SMK Darul Hikmah Jurusan Tata Busana. Sosion: Jurnal Pengabdian Multidisipliner, 1(1).
Harjawati, T., & Nourwahida, C. D. (2021). Model Pengembangan Santripreneur Sebagai Penggerak Ekonomi Kreatif Berbasis Syariah Di Provinsi Banten. Jurnal Syarikah: Jurnal Ekonomi Islam, 7(2), 104-112.