Pengembangan Puzzle Interaktif Sebagai Media Edukatif Untuk Menanamkan Nilai Pancasila Pada Siswa Sekolah Dasar
Main Article Content
Imelta Intan Muspika
Vitara Dewi Nazarina
Wahyu Aulia Rahmadila
Penanaman nilai-nilai Pancasila pada siswa Sekolah Dasar (SD) merupakan fondasi penting dalam membentuk karakter bangsa. Namun, pendekatan pembelajaran konvensional sering kali kurang menarik bagi siswa, sehingga diperlukan inovasi dalam metode pembelajaran. Salah satu solusi yang efektif adalah pengembangan media pembelajaran berbasis puzzle interaktif. Media ini tidak hanya meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila, tetapi juga meningkatkan motivasi dan hasil belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi efektivitas media puzzle interaktif dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila di tingkat SD. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R\&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Media puzzle dirancang untuk menyajikan materi Pancasila dalam bentuk potongan-potongan yang harus disusun oleh siswa, sehingga mereka dapat memahami konsep secara menyenangkan dan aktif.
Agripina, C. A., & Cholifah, T. N. (2020). Pengembangan media puzzle Pancasila (PUZZPALA) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 2 sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Perkhasa, 6(2).
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Diana, Y. M. S. (2016). Pengembangan media puzzle berbasis make a match: Materi pengambilan keputusan bersama untuk meningkatkan hasil belajar PKN kelas VA SDN Bojong Salaman 01 Semarang [Skripsi, Universitas Negeri Semarang].
Hidayat, R., & Asmara, Y. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan, 11(2), 134–140. https://doi.org/10.22219/jip.v11i2.1234
Maulana, A., & Rachmawati, D. (2022). Inovasi media pembelajaran berbasis permainan dalam menanamkan nilai karakter pada siswa SD. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 75–83. https://doi.org/10.21831/jpk.v13i1.45678
Nugraha, H. (2021). Analisis kebutuhan media pembelajaran interaktif dalam pendidikan Pancasila di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 112–120. https://doi.org/10.31004/jpdn.v6i2.3456
Nurizka, R., & Manik, L. M. (2022). Pengembangan media puzzle berbasis make a match pada pembelajaran PKN materi perilaku yang mencerminkan dan tidak mencerminkan Pancasila sila 1–3. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1).
Putri, F. A., & Suryana, D. (2020). Pentingnya pendidikan Pancasila dalam membentuk karakter generasi muda. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 25(3), 214–222. https://doi.org/10.24832/jpnk.v25i3.4000
Safitri, R., & Hartati, S. (2021). Pengaruh penggunaan media puzzle terhadap hasil belajar PKn siswa kelas II SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 55–63. https://doi.org/10.26858/jip.v9i1.23456
Sanjaya, W. (2013). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Kencana.
Sari, R. (2016). Pengembangan media puzzle berbasis make a match pada pembelajaran PKN materi perilaku yang mencerminkan dan tidak mencerminkan Pancasila sila 1–3. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1).
Utami, D. S., Hasanah, L., & Permana, A. (2023). Pengembangan media puzzle berbasis digital dalam pembelajaran PPKn untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 25(2), 101–109. https://doi.org/10.21009/jtp.v25i2.5678