Analisis Perencanaan Ekonomi dan Studi Kelayakan Bisnis Pondok Pesantren An-Nuriyyah
Main Article Content
Lela Dwi Amelia Ningasti
Ainun Khofifah
Baroatut Taqiyah
Nailatun Nafisah
Immeylda Tiarani
Penelitian ini memaparkan hasil observasi bisnis di pondok pesantren An-Nuriyyah. Tujuan adanya penelitian ini yaitu untuk menganalisis kondisi modal fisik, modal intelektual, dan modal finansial pesantren dalam upaya pengembangan ekonomi kepesantrenan . Melakukan analisis SWOT terhadap potensi dan tantangan yang dihadapi pesantren dalam mengelola dan mengoptimalkan ketiga modal tersebut. Merumuskan rancangan pengembangan bisnis serta mengkaji studi kelayakan bisnis pada pondok pesantren An-Nuriyyah. Penelitian ini menggunakan metode observasi dan wawancara dengan pengurus koperasi. Hasil dari penilitian ini menunjukkan bahwa bisnis yang ada di pesantren An-Nuriyyah layak untuk berkembang karena memiliki prospek yang baik dan sesuai dengan aspek-aspek syariah.
Agus, S. (2014). Manajemen Sumber daya Manusia. Jakarta: IPWI
Agus. (2014). Analisis Kelayakan Usaha Kecil dan Menengah. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Anwar,Muhammad. Pengantar Kewirausahaan Teori dan Aplikasi. (Jakarta: Kencana Prenadamedia).
Dzulfarina, R. (2021). “Model Pengembangan Koperasi Pondok Pesantren di Era Digital”, Jurnal Ekonomi Syariah, Vol. 13(1).
Haron, S. (2005). Prinsip dan Operasi Perbankan Islam. Kuala Lumpur: Dewan Bahasa dan Pustaka.
Ismail, M. (2011). Manajemen Perbankan Syariah. Jakarta: Kencana.
Iindianti,Lie. “Analisis Sumber Dan Penggunaan Modal Koperasi”, Koaliansi: cooperative Jurnal, Vol.2, No: 2 (2023): 84.
Jakfar, K. d. (2003). Studi Kelayakan Proyek: Teknik Dan Prosedur Penyusunan. Laporan (Edisi Pertama) . Jakarta: Penerbit Kencana.
Lukens-Bull, R. A. (2005). Islamic Higher Education in Indonesia: Continuity and Conflict. Palagrave Macmillan.
Mulyadi, D. (2016). Ekonomi Pesantren: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyana, A. (2020). “Peran Pesantren dalam Pengembangan Ekonomi Syariah di Indonesia.” Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Islam, 2(1), 45–56
Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2018). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm (7th ed.). McGraw-Hill Education.