Pengembangan Media Smart Box Dengan Judul Aku Berperilaku Pancasila Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Dalam Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila Sekolah Dasar
Main Article Content
Dwi Sutari
Irma Hestiana
Mai Fika Adetia
Penanaman nilai-nilai Pancasila sejak usia yang muda sangat penting untuk membangun karakter yang baik bagi bangsa Indonesia. Sayangnya, pengajaran tentang Pancasila di Sekolah Dasar (SD) sering kali bersifat abstrak dan kurang menarik bagi siswa. Penelitian ini memiliki tujuan penting untuk menciptakan media pembelajaran yang inovatif dan praktis, yaitu Smart Box dengan judul "Aku Berperilaku Pancasila". Media ini dirancang agar bersifat interaktif, penuh visual, dan menyenangkan, serta menggabungkan berbagai elemen pembelajaran yang disesuaikan dengan perkembangan kognitif dan afektif siswa SD. Diharapkan melalui pengembangan dan pengujian media ini, dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan siswa SD, tidak hanya dalam pemahaman, tetapi juga dalam menginternalisasi dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
Arni, Y., Fitri,E.A.(2024). Menggali potensi: menemukan nilai dalam setiap tahapan perkembangan peserta didik. Purbalingga: Eureka Media Aksara.
Arni, Y. (2024). Cerdas mengajar di dunia digital: Strategi efektif literrasi ICT dalam kelas modern. Purbalingga. Eureka media askara
Arsyad. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Buku petunjuk cara penggunaan media smart box berbasis Tri-N terintegerasi Artificial Intelligence untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran IPA sekolah
Buku petunjuk cara penggunaan media smart box berbasis Tri-N terintegerasi Artificial Intelligence untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran IPA sekolah dasar https://anyflip.com/rgppe/ixyq/basic
Cahyaningtyas, T. I., Maruti, E. S., Rulviana, V., & Rahmawati, R. (2024). Pengembangan media pembelajaran smart box untuk anak tuna grahita. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 6356(20), 66-72.
Dkk, N. A. (2021). Pengembangan Media Smart Box Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun.
Oktavia, J., Zahra, V., Hanifah, N., & Nugraha, R. G. (2024). Penerapan Media Smart Box untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Kelas IV SD Materi Hak dan Kewajiban. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 545-554
Polinda, A., & dkk. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Kotak Pintar Pada Siswa Kelas 1 SDN 58 Kota Bengkulu. Communnity Development Journal, 4(5), 97589762.
Sukaryanti, A., & Dkk. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Pintar Keragaman di Indonesia untuk Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan: Riset Dan Konseptual, 7(1), 140-149.
Sugiyono. (2020). Metode penelitian & Pengembangan (Research and Development/R&D). Bandung: Alfabeta.
Thabroni, G. (2022). Media Pembelajaran: Pengertian, Ciri, Fungsi, Kriteria, dsb. Retrieved from https://serupa.id/mediapembelajaran/ 06/01/2024.