Analisis Penggunaan Gadget Sebagai Media Pembelajaran Efektif Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Sumberrejo
Main Article Content
Cahyani Nur Afifah Fitriani
Dwi Ayu Cahyaningrum
Jovan Aunu Robby
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penggunaan gadget, mengidentifikasi faktor-faktor penghambat dan pendukung, serta solusi mengatasi faktor-faktor penghambat pembelajaran PAI siswa SMP Negeri 1 Sumberrejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru PAI, dan peserta didik SMPN 1 Sumberrejo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kebijakan penggunaan gadget dalam pembelajaran di kelas berjalan efektif menurut wakil kepala sekolah, guru PAI, dan peserta didik, hal ini dapat dilihat melalui nilai mata pelajaran PAI peserta didik yang melampaui batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan setelah Ujian Akhir Semester berlangsung. Penggunaan gadget membantu peserta didik untuk dapat melengkapi kekurangan materi yang disampaikan guru dan pengerjaan tugas-tugas peserta didik. 2) Faktor-faktor penghambat efektivitas penggunaan gadget seperti ada peserta didik yang tidak memiliki gadget, signal wifi error, paket data tidak cukup, peserta didik membuka media sosial saat pembelajaran, dan munculnya notifikasi di gadget, selain itu faktor pendukung yaitu disediakannya berupa satu wifi untuk satu angkatan, 3) Solusi untuk menghadapi hambatan yang muncul seperti pemberian bantuan handphone dari pihak sekolah pada peserta didik yang kurang mampu, memperluas tempat yang terjangkau wifi, pemberian voucher kuota, perlunya sisipan kegiatan hiburan saat pelaksanaan pembelajaran, peningkatan kesadaran peserta didik untuk tidak membuka notifikasi gadget yang kurang penting saat kegiatan pembelajaran berlangsung.
Dwistia, H., Sajdah, M., Awaliah, O., & Elfina, N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 81–99. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.33
Hindriani, S., & Hasyim. (2020). PENGARUH PENGGUNAAN GADGET SEBAGAI MEDIA BELAJAR DAN KREATIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI KELAS X SMK SWASTA PRAYATNA 1 MEDAN T.P 2018/2019. Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern, 9(1), 1–11.
Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.
Surahman, F., Oktaviana, R., & Dewi, T. M. (2021). Analisis Proses Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 di SDS 018 Plus Avicena Tahun Ajaran 2020 / 2021. Jurnal Pendidikan MINDA, 2(2), 76–80.
Wulandari, F., Marhayani, D. A., Setyowati, R., Anitra, R., Sulistri, E., & Mursidi, A. (2021). The Effectiveness of Study Online in Higher Education. Education. In 2021 The 6th International Conference on Information and Education Innovations (ICIEI 2021), April 16–18, 2021, Belgrade, Serbia., 41–45. https://doi.org/10.4108/eai.20-6-2020.2300722