Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Sistem Imunitas Kelas XI MA Wahid Hasyim Balung Jember Tahun Ajaran 2024/2025
Main Article Content
Hidayatul Aliyah Ramadhani
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya kemampuan berpikir kritis siswa yang terjadi karena mereka belum terbiasa untuk menganalisis antara topik dengan faktanya, kurangnya semangat untuk belajar dan kemampuan membaca dan nalarnya juga masih kurang. Faktor tersebut dapat terjadi karena guru masih menggunakan model pembelajaran konvesional dan kurangnya antusias siswa ketika pembelajaran berlangsung. Sehingga dari beberapa faktor tersebut guru belum termotivasi untuk menggunakan metode pembelajaran yang menarik dikarenakan kemampuan siswa untuk bisa berpikir kritis masih minim. Untuk itu peneliti ingin mengenalkan Model pembelajaran Group Investigation dengan tujuan untuk membantu siswa agar bisa mengasah kemampuan berpikir tingkat tinggi seperti kemampuan berpikir kritis. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah menggunakan model pembelajaran group investigation pada materi sistem imunitas di kelas XI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen, untuk bentuk penelitian yaitu Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik Purposive Sampling, untuk sampel yang digunakan penelitian terdiri atas 2 kelas yaitu XI 1 sebagai kelas eksperimen dan XI 2 sebagai kelas kontrol dengan total keseluruhan sebanyak 56 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dalam bentuk tes, observasi, dokumentasi dan analisis data menggunakan statistik parametrik dengan jenis Independent Sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan berpikir kritis siswa yang diukur menggunakan posttest pada kelas eksperimen mempunyai rata-rata sebesar 65,40 (kategori sedang) dan kelas kontrol mempunyai rata-rata sebesar 57,42 (kategori rendah). Dari hasil rata-rata nilai posttest tersebut terdapat perbedaan yang signifikan pada penerapan model pembelajaran Group Investigation dengan nilai signifikasi 0,032 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Group Investigation memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sistem imunitas di kelas XI.
Anggitasari Widyaningrum Utari., “Pengembangan Berpikir Kritis Melalui Analisa Jurnal”, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru FKIP, (Universitas Ahmad Dahlan, 2021), 1954-1955.
Apon Purnamasari, Modul Pembelajaran SMA Biologi , Kementrian Kebudayaan dan Pendidikan, 2020.
Izzah Hidayati, Indra Himayatul Asri, Nunung Ariandani, “Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X di MAN Lombok Timur”, Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi 09, no. 1 (2022), 24-30
Jakni, Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan, (Bandung: (Alfabeta), 2016
Meti Herlina, Isti Yesti Rahayu, Diningsih Wikaya, “Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Berpikir Kritis dan Keterampilan Sosial Siswa Dalam Pembelajaran IPA Biologi Kelas X SMAN 2 Argamakmur”, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 03, no. 2 (2019), 142-152.
Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka, Badan Standar Kurikulum Dan Asesmen Pendidikan, (2022), hlm.30
Restu Ayu Gustianingrum, Atma Murni, Maimunah, “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dalam Menunjang Penguatan Profil Pelajar Pancasila”, PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, (Universitas Riau, 2023), 465-471.
Suci Aulia Wijaya, Meti Maspupah, Astri Yuliawati, “Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantu Virtual Field Trip Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Ekosistem”, Jurnal Bioedutech: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi 02, no.1 (2023).
Sugiyono, Metode Penelitian Kuntitaif, Kualitatif Dan R&D, (Bandung: Alfabeta Bandung, 2013), 38
Syaraini Ritonga, “Pengaruh Strategi Problem Based Learning dan Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMAN 1 Na IX-X”, Jurnal Edu-Bio: Education and Biology 02, no. 1 (2021), 27-32.
Taufiq, Junaidi, “Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Delima”, Jurnal Sosial Humaniora Sigli (JSH) 04, no. 1 (2021), 89.
Wirawan Fadly, Model-Model Pembelajaran Untuk Implementasi Kurikulum Merdeka, Bantul: Bening Pustaka, 2022
Zakiah Linda dan Lestari Eka, Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran, (Bogor: Erzatama Karya Abadi, 2019), 3-9













