Pengaruh Metode Bernyanyi Dengan Media Audiovisual Terhadap Hasil Belajar Membaca Siswa Kelas II SD 05 Pasar Muara Labuh
Main Article Content
Regina Arsa Sufintan
Ernawarnelis
Rosi Satria Ardi
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar membaca siswa kelas II SD Negeri 05 Pasar Muara Labuh, penyebabnya adalah metode pembelajaran yang kurang sesuai dengan materi. Solusinya adalah penggunaan metode bernyanyi dengan media audiovisual yang dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Sehingga, tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode bernyanyi dengan media audiovisual terhadap hasil belajar membaca.Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain Posttest Only Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen sejumlah 25 siswa yang diberi perlakuan dan kelas kontrol sejumlah 27 siswa yang tidak diberi perlakuan. Data diperoleh melalui hasil posttest dan dianalisis menggunakan statistik inferensial dengan bantuan program SPSS (Statistical Package for the Social Sciences). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 81,92 dengan ketuntasan 76%, sedangkan kelas kontrol memperoleh rata-rata 68,14 dengan ketuntasan 48,1%. Hasil uji normalitas Shapiro-Wilk menunjukkan data berdistribusi normal (Sig. kelas eksperimen = 0,065 dan kelas kontrol = 0,087), serta uji homogenitas Levene’s Test menunjukkan data homogen (Sig. = 0,182). Selanjutnya, uji-t Independent Sample Test menunjukkan nilai signifikansi 0,011 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kedua kelompok. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa metode bernyanyi dengan media audiovisual berpengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar membaca siswa kelas II sekolah dasar.
Abdullah, D., & Maryati, T. (2019). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 185-196.
Abrivani, V. & Lilik W. S. (2023). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Tematik Tema 2 di Kelas II Mi Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Jurnal Pendidikan Anak, 2 (1), 44-52.
Akbar, Eliyyil. (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Ananda, Rusydi & Fitri Hayati. (2020). Variabel Belajar (Komplikasi Belajar). Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya, Medan
Anisah, A., & Suzana, S. (2020). Efektifitas Kegiatan Bernyanyi dalam Memotivasi Kemampuan Membaca Anak Kelompok B1 Di RA Uswatun Hasanah Desa Sumber Kidul Kecamatan Babakan Kabupaten Cirebon. Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, 1 (1), 69-77.
Arianto, M. H., dkk (2024). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 23-31
Asip, M., et. al. (2022). Pembelajaran Bahasa dan Sastra di SD. Jawa Barat: CV Media Sains Indonesia.
Bunyamin. (2021). Belajar dan Pembelajaran (Konsep Dasar, Inovasi, dan Teori). Jakarta Selatan: UPT UHAMKA Press.
Cahyadi, Ani. (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Banjarmasin: Penerbit Laksita Indonesia.
Fatmasari, R. K. & Husniatul F. (2018). Keterampilan Membaca. Bangkalan: STKIP PGRI Bangkalan.
Hasan, Muhammad. et. al. (2021). Media Pembelajaran. Klaten: Grup Penerbitan CV Tahta Media Group.
Hendra, et. al. (2023). Media Pembelajaran Berbarsis Digital (Teori & Praktis). Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Hidayah, N., & Abidin, M. (2023). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Bahasa Arab. Jurnal Naskhi Jurnal Kajian Pendidikan Dan Bahasa Arab, 5 (2), 66-73.
Hildawati, et. al. (2024). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kuantitatif & Aplikasi Pengolahan Analisa Data Statistik. Kota jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia
Kusuma, J. W., et al. (2023). Dimensi Media Pembelajaran. Jambi: PT Son Pedia Publishing Indonesia.
Nirdarwati. (2022). Efektivitas Penggunaan Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Membaca Peserta Didik Kelas 1 SD Islam Khairu Ummah Kota Makassar. Makasar: UIN Alauddin Makasar.
Nunzairina. (2023). Psikologi Pendidikan (Pengantar dan Konsep Dasar). Yogyakarta: Penerbit K-Media.
Nuryadi, dkk. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Yogakarta: Sibuku Media.
Paggara, Hamzah, et. al. (2022). Media Pembelajaran. Makasar: Badan penerbit UNM.
Qomaruddin, A. (2017). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Mufradat. Jurnal Tawadhu, 1 (2), 272-290.
Serungke, M., et. al. (2023) Penggunaan Media Audio Visual dalam Proses Pembelajaran bagi Peserta Didik. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. 6 (4). 3503-3508.
Setyawan, D., A. (2021). Petunjuk Praktikum Uji Normalitas & Homogenitas Data dengan SPSS. Surakarta: Penerbit Tahta Media.
Sihotang, Hotmaulina. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: UKI Press.
Soesana, Abigail, et. al (2023). Metode Penelitian Kuantitatif. Medan : Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukma, H. H., Lily A. P. (2023). Keterampilan Membaca dan Menulis (Teori dan Praktik). Yogyakarta: Penerbit K-Media.
Suparlan, S. (2023). Keterampilan Membaca pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Fondatia, 5 (1), 1-12.
Yusantika, F. D., Suyitno, I., & Furaidah, F. (2018). Pengaruh media audio dan audio visual terhadap kemampuan menyimak siswa kelas IV (Doctoral dissertation, State University of Malang).