Perancangan Webiste Pusat Dokumentasi Informasi Kebudayaan Minangkabau Sebagai Media Informasi
Main Article Content
Nadia Vedri
Ferry Fernando
Perkembangan teknologi informasi memberikan pengaruh besar terhadap penyebaran informasi, termasuk di sektor pariwisata dan pelestarian budaya. Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM) merupakan lembaga yang menyimpan arsip sejarah dan budaya Minangkabau, namun masih terbatas dalam menjangkau masyarakat luas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan merancang media informasi berbasis website untuk meningkatkan akses dan penyebaran informasi mengenai PDIKM.
Proses perancangan menggunakan metode observasi lapangan, wawancara, dan kuisioner, serta pendekatan desain komunikasi visual dengan mengutamakan prinsip UI (User Interface) dan UX (User Experience). Desain visual mengangkat identitas budaya Minangkabau melalui penggunaan warna marawa (merah, kuning, hitam) serta visualisasi Rumah Gadang sebagai ikon budaya. Website dirancang agar interaktif, responsif, dan mudah diakses oleh semua kalangan.
Hasil perancangan menunjukkan bahwa website dapat menjadi media efektif dalam menyampaikan informasi sejarah dan budaya PDIKM secara luas. Selain itu, media pendukung seperti poster, brosur, dan merchandise juga dirancang sebagai bagian dari strategi promosi. Diharapkan media ini tidak hanya meningkatkan minat masyarakat dan wisatawan terhadap budaya Minangkabau, tetapi juga mendorong pelestariannya melalui pemanfaatan teknologi digital.
Sobur, Alex. (2006). Semiotika Komunikasi, Analisis Teks Media Suatu Pengantar Untuk Analisa Wacana, dan Analisis Framing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rustan, Surianto. (2009). Layout Dasar Dan Penerapannya. Jakarta: Gramedia.
Rustan, Surianto. (2011). Huruf Font Tipografi. Jakarta: Gramedia Pustaka
Utama. Satzinger. (2012). Systems Analysis and Design in a Changing World. Canada:
Cengage Learning.
Sobur, Alex. (2006). Semiotika Komunikasi, Analisis Teks Media Suatu Pengantar Untuk Analisa Wacana, dan Analisis Framing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Zaki, Ali. (2014). 24 jam belajar PHP. Semarang: Smitdev CommUnity.
Y.,Eva (2020). Pengantar Metode dan Riset Desain Komunikasi Visual.
Yogyakarta: deepublish
Heller, Steven. 2012. Stop, Think, Go, Do: How Typography and
Graphic Design Influence Behavior, dalam https://bit.ly/3cjMw0W.
Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Erlangga
Kusrianto, Adi. 2009. Pengantar Desain Komunikasi Visual.Yogyakarta:ANDI
Dominus Buala Ronaldi Wehalo (2023): REDESIGN USER INTERFACE/ USER EXPERIENCE WEBSITE MUSEUM PUSAKA NIAS SEBAGAI MEDIA INFORMASI Institut Seni Indonesia Padangpanjang, Indonesia
Coates, K., & Ellison, A. (2014). An introduction to information design. London:
Meilani, M. 2013. Teori Warna: Penerapan Lingkaran Warna dalam Berbusana.
Humaniora, 4(1), 326-338.
Galitz, Wilbert O. 2002. The Essential Guide to User interface Design.
Indiana Polis: Wiley Publishing.