Perancangan Aplikasi Pengelolaan Sampah Organik Basah Berbasis UI/UX Di Kota Padang
Main Article Content
Yuditya Ramadhani
Perancangan ini berfokus pada pengembangan aplikasi pengelolaan sampah organik basah sebagai solusi efektif untuk mengatasi masalah volume sampah di Kota Padang, Sumatera Barat, khususnya di TPA Aie Dingin yang mendekati batas kapasitasnya. Inisiatif ini bertujuan menanggulangi kurangnya pemilahan sampah di sumbernya dan mengoptimalkan pengelolaan limbah organik melalui pemanfaatan maggot Black Soldier Fly (BSF). Metode perancangan meliputi pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner, yang kemudian dianalisis menggunakan segmentasi target audiens dan analisis SWOT. Hasil utama perancangan ini adalah prototipe aplikasi dengan desain UI/UX berbasis
user-centered yang intuitif dan informatif. Aplikasi ini didukung oleh media promosi dan edukasi, yaitu poster, konten media sosial, dan berbagai merchandise.
Anggraini, L. S. and Nathalia, K. (2013) Desain Komunikasi Visual: Dasar-Dasar Panduan untuk Pemula. Bandung: Nuansa Cendekia.
Hakim, A.R., Prasetya, A. & Petrus, H.T.B. (2017) 'Potensi Larva Hermetia illucens sebagai Pereduksi Limbah Industri Pengolahan Hasil Perikanan', Jurnal Perikanan Universitas Gadjah Mada, 19(1), hlm. 39-44.
Hayashi, M., Singh, R.K., Nugroho, S.B., Gamaralalage, P.J.D., Raharjo, S., Uslaini & Kartikasani, N.I. (2022) Rencana Aksi Pengelolaan Sampah Terpadu di Kota Padang (2023-2030). Padang: Pemerintah Kota Padang.
Hidayatullah, M. (2014) Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Lastiansah, Sena. (2012) Pengertian User Interface. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Nielsen, J. and Norman, D. (2000) 'User experience research: The foundation of user-centered design', ACM SIGCHI Bulletin, 32(1), hlm. 1-8.
Putra, L.D., Assyifaningtyas, A.T., Jannah, M. dan Pangestu, R.A. (2024) 'Pemanfaatan video animasi sebagai sarana peningkatan motivasi belajar di sekolah dasar', NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, 5(3), hlm. 1616–1626. Tersedia di: https://doi.org/10.55681/nusra.v5i3.3327 (Diakses: 23 Juli 2025).
Rahmat, F. and Dewi, D. (2020) 'Ikon dalam komunikasi visual', Jurnal Ilmiah Komunikasi Visual, 8(2), hlm. 112-115. Tersedia di: https://www.researchgate.net/publication/345902640 (Diakses: 23 Juli 2025).
Rizki, A. (2019) 'User experience analysis with user experience questionnaire', Systematics, 7(2), hlm. 50-59. Tersedia di: https://journal.unsika.ac.id/systematics/article/download/7266/3572/20970 (Diakses: 22 Juli 2025).
Rustan, S. (2019) 'Warna', Rupaka: Jurnal Desain Komunikasi Visual, 4(1), hlm. 98-99. Tersedia di: https://journal.untar.ac.id/index.php/Rupaka/article/view/16682/10286 (Diakses: 23 Juli 2025).
Saputro, W. (2016) 'Pengelolaan limbah atau sampah organik', Jurnal Teknologi Lingkungan, 2(2), hlm. 113–118.
Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN). (2024) Data Timbulan Sampah Nasional Tahun 2023. Tersedia pada: https://sipsn.kemenlh.go.id/sipsn/ (Diakses 23 Juli 2024).