Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Untuk Pembelajaran IPA Materi Perubahan Wujud Benda Di Sekolah Dasar
Main Article Content
Yossi Aulya Azra Fanany1
Sutrisno Sahari
Wahyudi
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji keefektifan multimedia interaktif berbasis Android sebagai media pembelajaran pada materi perubahan wujud benda untuk siswa kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) yang meliputi analisis kebutuhan, perancangan media, pengembangan produk, implementasi pada siswa, dan evaluasi produk. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kevalidan Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Android pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Perubahan Wujud Benda (2) Untuk mengetahui keefektifan Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Android pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Perubahan Wujud Benda (3) Untuk mengetahui kepraktisan Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Android pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Materi Perubahan Wujud Benda. Media pembelajaran yang dikembangkan memadukan teks, gambar, animasi, audio, dan kuis interaktif yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep perubahan wujud benda. Uji coba dilakukan pada siswa kelas III di salah satu Sekolah Dasar dengan menggunakan metode pretest-posttest untuk mengukur efektivitas media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia interaktif berbasis Android ini efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa, dengan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 78-80% dibandingkan sebelum penggunaan media. Penilaian dari siswa dan guru menunjukkan bahwa media ini dinilai mudah digunakan, menarik, dan relevan dengan kebutuhan pembelajaran. Oleh karena itu, media ini dapat dijadikan salah satu alternatif inovatif dalam pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan lebih lanjut pada materi pembelajaran lain untuk memperluas penerapannya. Berdasarkan hasil evaluasi, media ini juga dinilai menarik, mudah digunakan, dan relevan dengan kebutuhan siswa. Oleh karena itu, multimedia interaktif ini dapat dijadikan alternatif media pembelajaran dalam mendukung pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan lebih lanjut untuk materi pembelajaran lainnya agar manfaatnya lebih luas.
Ahmad, Susanto, (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Grup.
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Akbar, S. (2015). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Arta, Maulida. (2013). Boomingnya Android, (Online), (http://ilmukomputer.org/ wpcontent/uploads/2013/04/android.doc, Diakses 14 Februari 2016).
Arikunto, (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Azhar Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 27-28.
Azhar Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Azhar Arsyad, (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Azhar Arsyad. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Cecep Kustandi dan Bambang Sutjipto, (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.
Heinich, R., et. al. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersey: Prentice Hall, Englewood Cliffs.
Hermawan, S. (2011). Mudah Membuat Aplikasi Android . Yogyakarta : Andi Offset.
Hidayati, H., Sigit, S., Septi, S., (2015). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 2 (2).
Mayer, R. (2001). Multimedia Learning. Cambridge: Cambridge University Press. (http://dx.doi.org/10.1017/CBO9781139164603)
Nazruddin Safaat, H. (2012) (Edisi Revisi). Pemograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Informatika. Bandung.
Parwati, (2021). Adaptasi pembelajaran di era revolusi industri. Jakarta: Rosdakarya
Patimah, Risah., (2020). Praktek Edit Video melalui Aplikasi Gratis di Android. Sekolah Guru Indonesia. (https://www.sekolahguruindonesia.net/praktek-edit-video-melalui-aplikasigratis-di-android/)
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogyakarta: Diva Press.
Sally, V. K, (2014). Fisika I. Jakarta: Yudhistira
Sudjana, et. al, (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surjono, Herman Dwi. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif; Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.
Sutarman, (2013). Pengantar Tekologi Informasi. Yogyakarta: Bumi aksara.
Teguh Arifianto, (2011). Perancangan Sistem Absensi Online Menggunakan. Android Guna Mempercepat Proses Kehadiran Karyawan. Yogyakarta: PT. Sintech Berkah Abadi.
Vaughan, T. (2006). Multimedia: making it works. (A. Prabawati & A. H. Triyuliana, Trans.) (8th ed.). New York: McGraw Hill Education.