Pengembangan Booklet Berbasis Pengolahan Limbah Dari Kotoran Sapi Pada Materi Perubahan Lingkungan Untuk Siswa Kelas X MA Al- Azizi Kandangtepus, Kecamatan Senduro , Kabupaten Lumajang
Main Article Content
Mawardatul Khasanah
Bayu Sandika
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan booklet berbasis pengolahan limbah dari kotoran sapi pada materi perubahan lingkungan untuk siswa kelas X MA Al-Azizi Kandangtepus, Lumajang. Pengembangan dilakukan karena bahan ajar yang tersedia terbatas dan belum mengaitkan materi dengan konteks lokal, padahal 92% siswa menyukai media visual dan 93% menyukai pembelajaran kontekstual. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, angket, dan tes. Uji validitas dilakukan oleh ahli materi, media, evaluasi, dan guru, sedangkan uji kepraktisan dan keefektifan dilakukan melalui respons siswa dan uji pretest-posttest.
Hasil validasi menunjukkan bahwa produk sangat valid: ahli materi (94%), ahli media (96%), ahli evaluasi (78,3%), dan guru (82%). Rata-rata respons siswa sebesar 72% dalam kategori baik. Efektivitas booklet diuji menggunakan paired sample t-test dan diperoleh nilai signifikansi 0,00 (<0,05), menunjukkan perbedaan signifikan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan booklet. Nilai N-Gain sebesar 80% dengan kategori tinggi dan efektif. Dengan demikian, booklet berbasis pengolahan limbah kotoran sapi layak digunakan sebagai bahan ajar alternatif yang kontekstual dan efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi perubahan lingkungan.
A.Gani, Yeni Elviani, Andre Utama Saputra, Dedi Fatrida, and Mustakim. Pendidikan Kesehatan Program Pencegahan Kanker Payudara (Terhadap Pengetahuan,Sikap Dan Tindakan Remaja). Edited by Nia Duniawati. Indramayu: CV.Adanu Abimata, 2022.
Afifatul Latifah. (2024). Pengembangan Booklet Ecobrick sebagai Bahan Ajar pada Materi Perubahan Lingkungan. Skripsi, Universitas Islam Negeri KHAS Jember.
Agustin, Alina Dini. “Pengembangan Scapbook model Enterpereneurship Materi Perubahan Lingkungan Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Kelas X Di MAN 2 Jember”. Skripsi, UIN KHAS Jember, 2024.
Anggara, Apry Bima, “ Pengembangan Bahan Ajar Handout Untuk Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X Di SMA Negeri 1 Tegaldlimo Banyuwangi.” Skripsi
Branch, Robert Maribe. Instructional Design: the ADDIE Approach. London: Springer. 2009.
Farisya, L., et al. (2022). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru terhadap Kualitas Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Manajer Pendidikan, https://ejournal.unib.ac.id/manajerpendidikan.
Jambi, 2021.
Juardi, Rizky “ Pengembangan Booklet Limbah Plastik Sebagai Bahan Ajar Biologi Untuk Siswa SMA Kelas X Kota Jambi”. Skripsi FKIP Universitas Jambi, 2021.
Kementerian ESDM. (2022). Komposisi Biogas dari Kotoran Sapi. Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi. Media Pembelajaran, Tahta Media Group (Klaten: Tahta Media Group, 2021),
Meyvita, I., et al. (2021). Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, https://journal.unpas.ac.id.
Muhammad; Milawati; Darodjat; HarahapTuti Khairani; TahrimTasdin; Hasan, Media Pembelajaran, Tahta Media Group (Klaten: Tahta Media Group, 2021), 27–28
Sari, A., dkk. (2025). Strategi Guru Profesional dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, https://researchhub.id.
Shodikin, Ahmad “ Pengembangan Booklet Digital Pada Materi Perubahan Lingkungan Berdasarkan Kajian Masalah Eksploitasi Gumuk Kecamatan Kalisat Untuk Siswa Kelas X MIPA Di SMA Negeri Kalisat Jember”. ( Skripsi UIN KHAS Jember, 2022).
Sugiyono. 2014 “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Research and Development”. Bandung : Alfabeta.