Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Teknik Kontrak Perilaku Dalam Mereduksi Perilaku Off Task
Main Article Content
Irna Julyarti
Alfiandy Warih Handoyo
Raudah Zaimah Dalimunthe
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dengan teknik kontrak perilaku dalam mereduksi perilaku off-task pada siswa kelas VIII SMPN 30 Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen Single Subject Research (SSR) desain A-B-A. Subjek penelitian terdiri dari empat siswa yang menunjukkan tingkat perilaku off-task tinggi. Teknik kontrak perilaku diterapkan dalam sesi konseling kelompok untuk mendorong perubahan perilaku yang lebih positif dan terarah. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan signifikan terhadap frekuensi perilaku off-task, baik secara verbal, motorik, maupun pasif, setelah dilakukan intervensi. Analisis visual antar kondisi memperkuat temuan bahwa teknik kontrak perilaku dalam setting kelompok efektif mengubah perilaku siswa menuju arah yang lebih adaptif. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan konseling kelompok dengan teknik kontrak perilaku dapat menjadi alternatif strategis yang aplikatif bagi guru BK dalam menangani perilaku mengganggu di kelas, serta mendukung peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah menengah pertama.
ford, B. T. (2016). 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Pustaka Belajar.
Febrianti, Y. E., & Suhaili, N. (2021). Analisis perilaku off-task siswa. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 6(1), 1–5. https://doi.org/10.29210/02650jpgi0005
Ilmi, N., Latif, S., & Sinring, A. (2024). Analisis Perilaku Off-Task dan Penanganannya (Studi Kasus Pada 1 Siswa di MTsN 4 Bone). Pinisi Journal Of Education, 4(2), 1–17.
Izzani, T. A., Octaria, S., & Linda, L. (2024). Perkembangan Masa Remaja. JISPENDIORA: Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 3(2), 259–273. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v3i2.1578
Komalasari, G., Wahyuni, E., & Karsih, K. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Indeks.
Muhammad, F. (2022). Gambaran Karakteristik Academic Hardiness Siswa Suku Jawa dan Tionghoa Di Kota Medan. Jurnal Suloh, 7(2), 62–70.
Mukti, V. D. C., Wardani, S. Y., & Triningtyas, D. A. (2022). Efektivitas konseling kelompok dengan teknik behavioral contract untuk mereduksi perilaku off-task pada peserta didik kelas 5 SDN Mojorejo. Senassdra, 1, 504–509. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/2750%0Ahttp://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/viewFile/2750/2115
Prayitno. (2004). Layanan Informasi (L2). UNP.
Putri, E., & Yarni, L. (2023). Pengaruh Peranan Orang Tua Asuh dalam Pembentukan Karakter Anak di Panti Asuhan Putri Aisyiyah Cabang Bukittinggi. Anwarul, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.58578/anwarul.v3i1.803
Rahmani, N. A., Napisah, S., & Soetopo, D. (2024). Penerapan Konseling Kelompok dengan Teknik Behavior Contrac Untuk Mengurangi Perilaku Membolos pada Siswa di SMK PGRI 1 Banyuwangi. Bikangwangi, 3(2), 25–28. https://doi.org/10.36526/.4087
Ratih, D. (2020). Pengaruh Konseling Kelompok Pendekatan Behavioral Teknik Kontrak Perilaku Terhadap Ketergantungan Gadget Siswa Kelas VIII-5 SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate Thesis, Universitas Negeri Medan.
Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Kencana.
Shapiro, E. S. (2011). Academic Skills Problems: Direct Assessment and Intervention. The Guilford Press.
Shapiro, E. S., & Christine, L. C. (1994). Behavior change in the classroom: self-management interventions. The Guilford Press.
Winkel. (2004). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. PT Gramedia.