Perancangan Media Promosi Freehand Coffee
Main Article Content
Halimah Tussa'diyah
Ary Leo Bermana
Perkembangan coffee shop sebagai bagian dari ekonomi kreatif di Indonesia semakin pesat, terutama di kalangan generasi muda. Salah satu coffee shop yaitu Freehand Coffee yang mengusung konsep speciality coffee yang berlokasi di Kabupaten 50, Kota Payakumbuh. Freehand Coffee mengutamakan kualitas dan pengalaman ngopi yang nyaman, namun menghadapi kendala dalam promosi dan kurang dikenalnya konsep kopi speciality di masyarakat khususnya masyarakat Kota Payakumbuh. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk memperkenalkan Freehand Coffee sebagai specialty coffee melalui pendekatan visual yang ringan dan dapat diterima oleh masyarakat umum, terutama generasi muda. Pendekatan yang digunakan dalam perancangan adalah metode desain komunikasi visual, dengan melalui tahapan riset, brainstorming ide, analisis SWOT, pengembangan konsep verbal dan visual, hingga eksekusi desain. Media utama berupa video promosi yang mengangkat tema “Logika dalam Rasa”, menggambarkan pertentangan antara otak kiri yang logis dan otak kanan yang emosional dalam memaknai kopi. Video ini ditunjang oleh media pendukung seperti poster, konten media sosial, dan merchandise untuk memperkuat penyampaian pesan dan memperluas jangkauan promosi.
Anggraini, S., & Nathalia, D. (2014). Dasar-Dasar Desain Grafis: Prinsip dan Aplikasi dalam Komunikasi Visual. Penerbit Sains Media.
Ananda, P. (2014). Desain Komunikasi Visual: Teori dan Praktiknya. Penerbit RajaGrafindo Persada.
Atoel, A. (2011). Fotografi Periklanan (Produk dan Jasa). Universitas STEKOM.
Atoel, A. (2011). Media audio-visual dalam pendidikan (hal. 18). Penerbit Universitas Kristen Satya Wacana.
Darda, J. R. (2020). Hubungan pengetahuan produk minuman kopi terhadap keputusan pemilihan minuman di coffee shop “404 Eatrey and coffee (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Jakarta).
Itosudarmo, I. (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi Kedua, Cetakan Keenam). BPFE Yogyakarta.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Lestari, D. (2018). Desain Komunikasi Visual dan Prinsip-Prinsip Dasarnya. Penerbit RajaGrafindo Persada.
Lintang, I. (2024). Media Sosial dengan Pengguna Terbanyak di Indonesia 2024. Inilah.com.
Maharsi, R. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Grafis dan Aplikasinya. Penerbit ArtMedia.
Ningrum, T. W., & Hadi, S. P. (2020). Pengaruh corporate social responsibility (CSR) terhadap corporate image PT Dan Liris. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 44-51.
Nurmalina, R., & Rosiana, N. (2024). Sistem pemasaran Kopi Robusta di Kota Pagar Alam Sumatera Selatan. Journal of Indonesian Agribusiness/Jurnal Agribisnis Indonesia, 12(1).
Purnama, P. A., & Tahalea, S. A. (2020). Pelatihan fotografi produk untuk iklan di internet saat masa pandemi bersama pemuda Tebet melalui daring. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMIN), 2(2), 1033-1048.
Purbasari, M., & Rahardja, A. (2018). Warna dari Warisan Sebagai Identitas: Melihat Tekstil dan Kuliner Jawa. Jurnal Dekave Universitas Bina Nusantara, Jakarta.
Ruslan, M. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Hal. 228). Jakarta: Rajawali Pers.
Rustan, M. (2011). Dasar-Dasar Desain dan Komunikasi Visual. Penerbit Kreasi Media.
Sandjaja, S. (2015). Komunikasi Persuasif: Teori dan Praktik (Edisi 3). Penerbit Universitas Kristen Satya Wacana.
Stratten, S., & Stratten, A. (2017). UnBranding: 100 Pelajaran branding di era disruptif.
Supriyono, R. (2010). Desain Komunikasi Visual: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi.
Sudjana, N. (2009). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sumarni, S. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tasruddin, R. (2015). "Strategi promosi periklanan yang efektif." Jurnal AlKhitabah, vol. 2, no. 1, pp. 107-118.
Tambunan, T. T. H. (2019). Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Indonesia: Isu-Isu Penting. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Widyastuti, H. (2014). Orisinalitas Suatu Karya Cipta. Universitas Diponegoro.