Efektivitas Penggunaan Lapbook Sebagai Media Pembelajaran Pancasila Di Sekolah Dasar Negeri 2 Podomoro
Main Article Content
Lintang Elita
M. Kahfi Darozat
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penggunaan lapbook sebagai media pembelajaran dalam pengajaran Pancasila kepada siswa kelas IV di SDN 2 Podomoro pada tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall yang dimodifikasi, mencakup tahapan dari analisis potensi hingga evaluasi produk. Lapbook yang dikembangkan telah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta diuji coba di kelas nyata yang melibatkan 25 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, lembar validasi, serta evaluasi pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa terhadap nilai-nilai Pancasila, yang terlihat dari peningkatan skor posttest (rata-rata = 83,2) dibandingkan dengan skor pretest (rata-rata = 62,4), dengan hasil uji t menunjukkan perbedaan yang signifikan secara statistik (p < 0,05). Data kualitatif juga menunjukkan bahwa siswa sangat antusias dan terlibat aktif selama proses pembelajaran. Media lapbook dinilai "sangat layak" oleh para ahli dan mendapat respons positif dari siswa maupun guru. Kesimpulannya, lapbook terbukti efektif dan menarik sebagai media pembelajaran yang mendukung pencapaian kognitif serta pendidikan karakter di sekolah dasar.
Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational research: An introduction (4th ed.). Longman.
Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2002). Instructional media and technologies for learning (7th ed.). Merrill Prentice Hall.
Johnson, R. (2018). Lapbooking: A creative approach to teaching elementary students. International Journal of Education & Learning, 7(2), 123–135.
Lestari, I. (2019). Penggunaan media lapbook dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa SD. Jurnal Inovasi Pembelajaran Dasar, 4(1), 45–55.
Pratiwi, D., & Rahayu, S. (2020). Pengembangan media lapbook untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(2), 87–96.
Sari, R. D., & Nugroho, R. (2020). Efektivitas penggunaan lapbook dalam pembelajaran IPS terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SD. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Dasar, 8(2), 93–105.
Setiawan, H. (2021). Implementasi media lapbook untuk pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Jurnal Edukasi Kreatif, 6(3), 60–72.
Suhardi, M. (2021). Tantangan pembelajaran PPKn dalam menginternalisasi nilai Pancasila di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(1), 10–19.
Wardani, Y. (2020). Media lapbook sebagai alat pembelajaran kreatif untuk anak usia dini dan sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 32–40.
Wijayanti, F., & Nugroho, T. (2022). Penggunaan lapbook dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kolaboratif di kelas IV SD. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 7(2), 112–123.
Yuliani, L. (2021). Integrasi nilai Pancasila dalam pembelajaran tematik berbasis lapbook. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(3), 319–330.
Agustina, R., & Lestari, R. (2020). Penggunaan media lapbook untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1142–1147. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.483