Problematika Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pancasila Di Era Globalisasi Digital Di Sekolah Dasar
Main Article Content
Bagus Nanda Kusuma
Arigan Nur Insanul Arif
Ari Raditya
Indonesia dikenal dengan keberagaman suku, agama, dan budaya yang menjadi kekuatan utama bangsa, terlebih ketika didukung oleh penerapan nilai-nilai Pancasila. Penanaman nilai ini sejak usia dini, khususnya di tingkat sekolah dasar, sangat penting untuk membentuk karakter siswa yang berintegritas, toleran, dan berjiwa nasionalis. Peran guru sangat krusial, tidak hanya sebagai pengajar, tetapi juga sebagai teladan dalam menanamkan nilai-nilai luhur bangsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara kepada para guru serta tinjauan literatur terkait pendidikan karakter. Hasil penelitian mengungkap bahwa guru menghadapi tantangan besar di era digital, seperti mudahnya akses informasi yang tidak selalu sesuai dengan nilai-nilai kebangsaan. Guru perlu lebih kreatif dalam memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran dan membimbing siswa agar tetap berpegang pada prinsip Pancasila. Dukungan dari keluarga dan masyarakat juga sangat diperlukan agar proses penanaman nilai-nilai Pancasila dapat berjalan secara konsisten dan efektif. Dengan demikian, diharapkan generasi muda mampu menghadapi tantangan globalisasi tanpa kehilangan identitas nasional dan tetap berkarakter kuat sesuai nilai-nilai luhur bangsa.
Adetia, M. F., Alfiah, N., & Aranah, S. N. (2024). Implementasi nilai-nilai Pancasila melalui budaya sekolah dasar di era digital. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 12.
Angganing, P., & Yuliana, I. (2019, November). Penanaman nilai-nilai Pancasila di sekolah dasar oleh guru kelas. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA (Vol. 3, No. 1, pp. 585–589).
Fadhilah, N., & Adela, D. (2020). Penguatan nilai-nilai Pancasila di sekolah dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(3), 7–16.
Handriyani, R., Hudaya, C., & Afgani, C. A. (2024, January). Pemanfaatan teknologi digital sebagai inovasi pembelajaran karakter pada mata pelajaran pendidikan Pancasila siswa sekolah dasar. In Prosiding Seminar Nasional Manajemen Inovasi (Vol. 7, No. 001, pp. 352–361).
Lilihata, S., Rutumalessy, S., Burnama, N., Palopo, S. I., & Onaola, A. (2023). Penguatan profil pelajar Pancasila dimensi kreatif dan bernalar kritis pada era digital. Didaxei, 4(1), 511–523.
Mihit, Y. (2023). Dinamika dan tantangan dalam pendidikan Pancasila di era globalisasi: Tinjauan literatur. Educationist: Journal of Educational and Cultural Studies, 2(1), 357–366.
Pebriani, Y. N., & Dewi, D. A. (2022). Peran guru dalam menerapkan nilai-nilai Pancasila bagi siswa sekolah dasar di era globalisasi. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 1432–1439.
Puspamurti, G., & Najicha, F. U. (2023). Pengaruh globalisasi terhadap nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan Generasi Z. ResearchGate.
Putra, L. D., Azizah, A. N., Widiastuti, B. T., & Sari, S. I. (2023). Pemanfaatan media video dalam pembelajaran Pancasila kelas V SD Muhammadiyah Bodon. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 10(1), 398–406.
Rahmawati, S., Sulaiman, S., & Soedirman, S. (2023). Peran guru dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila pada peserta didik di SD Negeri 62 Banda Aceh. Elementary Education Research, 8(3).
Ramadhani, A. B., Halizah, F. N., Untari, H., Anggraini, M. S., Kristina, M. A., & Puspita, A. M. I. (2024). Transformasi Pancasila di era digital: Peluang dan tantangan. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 2(3), 153–157.
Saragih, C. S. (2023). Implementasi nilai pendidikan Pancasila di era digital pada siswa SDN 101964 Jaharun A Kecamatan Galang. Alfihris: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(3), 41–51.
Sunaryati, T., Husniyah, N., Asih, E., Anggraeni, S. R., & Ramadhan, S. (2024). Tantangan guru dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila pada siswa sekolah dasar di era global. Jurnal Pendidikan Kolaboratif Nusantara, 6(1).