Peran Media Pembelajaran Interaktif Dalam Meningkatkan Pemahaman Pancasila Di Sekolah Dasar
Main Article Content
Satria Virgiando Putara Setiawan
Shela Amelia
Rasma Wati
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran media pembelajaran berbasis interaktif dalam meningkatkan pemahaman Pendidikan Pancasila di UPT SDN 2 Panutan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metodologi studi kasus, penelitian ini melibatkan observasi, wawancara dengan guru, dan kuesioner untuk siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis interaktif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, memperjelas penyampaian materi, dan menciptakan suasana belajar yang interaktif. Media pembelajaran berfungsi sebagai alat komunikasi yang efektif, merangsang minat dan rasa ingin tahu siswa, serta membantu guru dalam menyampaikan informasi dengan cara yang lebih menarik. Temuan ini menegaskan pentingnya pemilihan dan penggunaan media pembelajaran yang tepat untuk mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan, serta memberikan rekomendasi bagi pendidik untuk mengintegrasikan media pembelajaran dalam proses pembelajaran . Pancasila dengan demikian, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif di sekolah dasar.
Adila, Y., Nisa, S., & Suriani, A. (2024). Peran media interaktif dalam pembelajaran PPKn terhadap minat belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 1(4), 761–767.
Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 93–97. http://ejurnal.mercubuanayogya.ac.id/index.php/prosiding_kopen/article/view/1084/660
Galih, P. M. (2020). Konsep pengembangan pembelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan untuk SD. Jakarta: Anggota IKAPI DKI Jakarta.
Handayati, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran e-book dengan memanfaatkan fitur Rumah Belajar pada mata pelajaran IPA. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 1(4), 369–384. https://doi.org/10.47387/jira.v1i4.61
Lenggono, W. (2019). Peran media ICT pada pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan dan penggunaanya di SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. At-Ta’lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 18(1), 157–166. https://doi.org/10.29300/attalim.v18i1.1612
Ningsih, E., & Prabowo, A. (2022). Penggunaan media pembelajaran digital dalam meningkatkan pemahaman materi PPKn. Jurnal Inovasi Pendidikan, 5(2), 118–126.
Prasetyo, H. (2020). Efektivitas media audio-visual dalam meningkatkan hasil belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(3), 143–152.
Riyadi, T., & Wibawa, S. (2024). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Quizizz pada pembelajaran PPKn di SD kelas 5. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 2791–2805.
Syamsudin, R. (2023). Pemanfaatan media interaktif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PPKn di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1), 30–42.
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–112. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Tiara, I. W. (2023). Media pembelajaran SD. Semarang: Cahya Ghani Recovery.
Yuliani, D. (2021). Strategi pengembangan media visual dalam pembelajaran PPKn. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 9(2), 77–84.