Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Pembelajaran PKN Untuk Meningkatkan Capaian Belajar Siswa Kelas V
Main Article Content
Istifarah Miftahul Hasanah
Wiwik Dwi Utami
Willy Ramadhani
Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di kelas V SDN 1 Pringsewu Selatan mengindikasikan perlunya peningkatan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), yang menekankan keterlibatan aktif siswa dalam menyelesaikan masalah yang relevan dengan kehidupan nyata. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus, mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Pengumpulan data dilakukan melalui observasi aktivitas siswa, tes hasil belajar, serta dokumentasi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa secara progresif: 39,28% siswa mencapai ketuntasan pada siklus I, meningkat menjadi 67,86% pada siklus II, dan mencapai 89,28% pada siklus III. Penerapan model PBL terbukti mampu menciptakan suasana belajar yang lebih aktif, menyenangkan, dan mendorong partisipasi siswa. Selain itu, siswa juga menunjukkan perkembangan dalam kemampuan berpikir kritis dan kolaboratif. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning efektif untuk meningkatkan hasil belajar PKn di sekolah dasar, serta layak dijadikan alternatif strategi pembelajaran inovatif yang berorientasi pada siswa
Afifah, M., Widiyono, T.,& Attalina,.I (2022). Pengaruh Interaksi Guru dan Peserta Didik Terhadap Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 10(2), 112-53.
Astuti, M. Arifah, R., (2023). Pendidikan Sebagai Dasar Pembentukan SDM Unggul Diera Globalisasi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 45-53.
Dakhi,, S. (2020). Pentingnya penguasaan ranah kognitif, afektif, dan psikomotor dalam pendidikan. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 25–33.
Djonomiarjo, S. (2020). Pengaruh gaya kognitif terhadap capaian belajar siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 12(1), 25–33.
Guswan, H., & Usmeldi. (2020). Pengaruh model Problem Based Learning terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 3(2), 87–95.
Helmi, H., Amri Pada, R., & Murni Ma'aruf, M. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 33–40.
Hutapea, D. (2019). Interaksi guru dan peserta didik dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 11(4), 204–211.
Mau, J. & Manek, N. (2023). Peran guru dalam meningkatkan mutu Pendidikan melalui Pendekatan Inovatif. Jurnal Kependidikan, 9(1), 15–25.
Mukhibat, M. (2012). Strategi pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 8(1), 55–64.
Nofrianto, N, & Dian, N. (2022). Pengelolaan kelas sebagai kunci efektivitas pembelajaran. Jurnal Administrasi Pendidikan, 5(3), 67–74.
Nusarastriya, Y. (2019). Problematika pembelajaran PKN di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 14(2), 119–128.
Saidah, S. (2016). Pendidikan sebagai sarana pengembangan keterampilan hidup anak dan remaja. Jurnal Pendidikan Masyarakat, 7(1), 22–28.
Usman, H, Mahendra, R., & Nur Indah, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Matematika dan Pendidikan, 10(2), 101–108.