Analisis Konten Pendidikan Pancasila Dalam Buku Ajar Kurikulum Merdeka Kelas V Fase C
Main Article Content
Eltsa Okvianti
Oktavia Putri
Hanif Alfakhri
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana nilai-nilai Pancasila disajikan dalam buku ajar Pendidikan Pancasila kelas V fase C Kurikulum Merdeka yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Masalah utama dalam penelitian ini adalah pentingnya memastikan bahwa buku ajar mampu merepresentasikan seluruh sila Pancasila secara seimbang untuk mendukung pendidikan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi. Data diperoleh melalui pembacaan dan pengkajian sistematis terhadap isi buku ajar, dengan fokus pada lima nilai utama dalam Pancasila: Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, dan Keadilan Sosial. Hasil analisis menunjukkan bahwa seluruh nilai Pancasila muncul dalam buku, baik secara eksplisit maupun implisit. Namun, ditemukan ketidakseimbangan dalam jumlah dan kedalaman penyajian antar sila. Nilai Kemanusiaan dan Persatuan cenderung lebih dominan, sedangkan sila lainnya ditampilkan lebih sedikit. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun buku ajar telah mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila, masih diperlukan penyesuaian agar semua nilai mendapat porsi yang seimbang. Hal ini penting untuk mencapai tujuan pembelajaran yang utuh dalam Kurikulum Merdeka.
Agista, N. E., & Tirtoni, F. (2024). Analisis indikator nilai karakter Pancasila dalam buku Pendidikan Pancasila kelas IV pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 6(2), 274–282.
Akhwani, A., Nafiah, N., & Taufiq, M. (2021). Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Pancasila melalui keteladanan dan pembiasaan di Sekolah Dasar. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 6(1), 1-10.Lestari, S. O., & Kurnia, H. (2022). Peran Pendidikan Pancasila dalam pembentukan karakter. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(1), 25.
Alanur, S. N., Jamaludin, J., & Amus, S. (2023). Analisis profil pelajar Pancasila dalam buku teks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1), 179–190.
Arikunto, S. (2016). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi revisi). Rineka Cipta.
Dewi, N. P. C. P. (2022). Analisis buku panduan guru Fase A kelas I Kurikulum Merdeka mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada jenjang sekolah dasar. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 131–140.
Harizi, R., Wijaya, R. A., Trinadi, P., Saputra, A. C., & Jananda, B. (2025). Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pendidikan Karakter di Sekolah: Implementasi dan Tantangan di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(4), 1268-1272.
Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2017). Implementasi pendidikan karakter di sekolah melalui keteladanan dan pembiasaan. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 1(2), 25-29.
Ismail, S. (2020). Penanaman Nilai Inti Pendidikan Karakter Berlandaskan Pancasila pada Peserta Didik di Sekolah. Jurnal Penelitian Agama, 21(1), 157-172.
Kemendikbudristek. (2023). Buku ajar Pendidikan Pancasila kelas V Fase C. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, elemen dan subelemen Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Kemendikbudristek. (2023). Panduan guru Pendidikan Pancasila SD/MI kelas V. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Akhwani, A., Nafiah, N., & Taufiq, M. (2021). Pendidikan karakter berbasis nilai-nilai Pancasila melalui keteladanan dan pembiasaan di Sekolah Dasar. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 6(1), 1-10.Lestari, S. O., & Kurnia, H. (2022). Peran Pendidikan Pancasila dalam pembentukan karakter. Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(1), 25.
Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (Edisi revisi). Remaja Rosdakarya.
Muhibbin, A. (2025). Penanaman nilai-nilai Pancasila melalui pembelajaran berbasis proyek dengan pembuatan poster interaktif menggunakan aplikasi Canva. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(01), 223–236.
Mustofa, T., & Muzaki, I. A. (2022). Pendidikan karakter berbasis pancasila. HAWARI: Jurnal Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam, 3(1).
Mutia, F., Ndona, Y., & Setiawan, D. (2022). Peranan Pendidikan Kewarganegaraan dalam implementasi nilai-nilai Pancasila siswa sekolah dasar. Jurnal Sintaksis, 4(1), 80–88.
Nasution, D. N. (2023). Implementasi Pendidikan Kewarnegaraan Berbasis Nilai-nilai Pancasila melalui Pembiasaan Untuk Menumbuhkan Karakter Siswa di Sekolah Dasar. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan dan Bahasa, 2(2), 199-205.
Prabowo, I. I. M. (2024). Analisis buku pelajaran Pendidikan Pancasila kelas V SD/MI pada Kurikulum Merdeka dan relevansinya dengan keterampilan abad ke-21 (Disertasi Doktor, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).
Sartika, R., & Ndona, J. (2024). Peran Pendidikan Pancasila Dalam Implementasi Pendidikan Karakter Di Era 4.0. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 121-134.