Meningkatkan Loyalitas Nasabah Melalui Excellent Service Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Banyuwangi Basuki Rahmat
Main Article Content
Muhammad Rafi Khorul Umam
Putri Stevi Anggraeni
M. Mirza Pratama
Excellent service menjadi faktor kunci dalam memenangkan hati pelanggan dan membangun loyalitas jangka Panjang. Dalam dunia perbankan penerapan excellent service ditunjukkan agar dapat mencapai kepuasan dan loyalitas nasabah. Perbankan syariah sebagai subsector penting dalam industri keuangan, beroperasi dan mengembangkan berbagai produknya berdasarkan prinsip syariah Islam. hal ini terutama berkaitan dengan pelarangan praktik riba (bunga), maisir (judi) dan gharar (ketidakjelasan atau ketidakpastian). Bank Syariah Indonesia KC Banyuwangi Basuki Rahmat merupakan Lembaga keuangan yang telah menerapkan standar pelayanan excellent service yang tinggi kepada para nasabahnya. Pelayanan ini meliputi berbagai aspek mulai dari keramahan dan kesigapan dalam melayani nasabah. Keberhasilan Bank Syariah Indonesia KC Banyuwangi Basuki Rahmat dalam memberikan pelayanan prima terbukti berpengaruh signifikan terhadap peningkatan loyalitas dan kepercayaan nasabah. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan jumlah nasabah dan peningkatan reputasi positif bank tersebut di mata Masyarakat. Pengukuran kepuasan nasabah misalnya melalui survey kepuasan pelanggan, dapat memberikan gambaran yang lebih detail mengenai efektivias pelayanan prima.
Anam A. K. 2023. Mengelola Layanan Perbankan. Jawa Tengah
Anggitaningsih R. 2023. Pengaruh Keramahan Karyawan, Pemahaman Tentang Produk, dan Keragaman Item Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Konsumen Pada Alfamart di Wilayah Kota Surabaya (Studi Kasus Perbandingan Model SEM Rekursif dan Non Rekursif). Journal Of Sharia Management. Vol 2, No 1.
Barata. A.A. Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Pt Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia. Jakarta.
Junaedi D. 2020. Pengaruh Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Kasus di PT. Bank Jatim Cepem Mabon Probolinggo. Jurnal Kajian Ekonomi dan Perbankan. 4. (1). 24-32.
Laili. P. N. dan T. Rahman. 2024. Excellent Service dalam Mempertahankan Loyalitas Nasabah di Bank Syariah Indonesia KC Bojonegoro. Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah. 7 (2) 279-287.
Masrohatin S., T. P. Susanti dan Y. C Kurniasih. 2024. Analisis Strategi Pelayanan Pada Produk Kredit Umum di PT. BPR Mitra Jaya Mandiri Pusat Kalisat. Jurnal Gembira (Pengabdaian Kepada Masyarakat). Vol. 2, No. 1.
Pratiwi A., K. Z. Laila dan D. Anondo.2022. Pengaruh Pengungkapan Sustainbility Report terahadap Kinerja Keuangan Perusahaan Perbankan di Indonesia. Jurnal Akuntatansi Terapan dan Bisnis 2 (1). 60-71.
Tohari H. N. 2020. Kepuasan Nasabah Tinjauan Melalui Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Nasabah Bank Syariah. Jawa Barat













