Penggunaan Sistem Pembelajaran Daring Berbasis MODDLE Untuk Meningkatkan Proses Belajar Di STIKOM Tunas Bangsa
Main Article Content
Yosi Anggraini Manurung
Azura Intan Pertiwi
Febi Sofia Azzura
Indra Gunawan
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, khususnya internet, telah mendorong perubahan signifikan dalam dunia pendidikan, termasuk di perguruan tinggi. Salah satu bentuk penerapannya adalah penggunaan sistem e-learning berbasis Moodle sebagai sarana pendukung proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi e-learning berbasis Moodle dalam meningkatkan efektivitas kegiatan pembelajaran di AMIK Stikom Tunas Bangsa Siantar, serta membandingkannya dengan metode pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah kombinasi kualitatif dan kuantitatif, dengan melibatkan 43 mahasiswa semester 3 pada mata kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, angket terbuka dan tertutup, observasi, dokumentasi, serta tes untuk mengukur hasil belajar. Proses penelitian dilakukan melalui tiga tahap, yaitu tahap persiapan (penyusunan RPS dan modul berbasis Moodle), tahap pelaksanaan (implementasi pembelajaran sinkronus dan asinkronus), dan tahap pelaporan (analisis hasil dan penyusunan artikel ilmiah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan e-learning berbasis Moodle memberikan sejumlah keunggulan dibandingkan metode konvensional, seperti peningkatan interaksi antara dosen dan mahasiswa, fleksibilitas waktu dan tempat belajar, kemudahan akses materi, serta kemudahan evaluasi pembelajaran secara daring. Selain itu, e-learning juga mendorong dosen untuk lebih kreatif dalam mengembangkan materi ajar digital dan meningkatkan kemampuan dalam pemanfaatan teknologi pendidikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa implementasi e-learning berbasis Moodle mampu meningkatkan kualitas proses pembelajaran di perguruan tinggi. Keberhasilan penerapannya tidak hanya bergantung pada kesiapan perangkat lunak, perangkat keras, dan jaringan internet, tetapi juga pada kompetensi dosen dalam mengelola sistem pembelajaran digital secara efektif.
Budhayanti, C. I. S. (2023). PENGGUNAAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) MOODLE PADA PERKULIAHAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR. Psiko Edukasi, 21(1), 50–62. https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v21i1.4439
Ghofar Rohman, M. (2020). PENGEMBANGAN E-LEARNING MENGGUNAKAN MOODLE DI UNIVERSITAS ISLAM LAMONGAN. In JOUTICA (Vol. 5, Issue 1).
Implementasi+Responsive+E-learning+Berbasis+MOODLE+Untuk+Menunjang+Kegiatan+Pembelajaran+di+STMIK+STIKOM+Indonesia. (n.d.).
Isroqmi, A. (n.d.). PENTINGNYA PENGUASAAN BEBERAPA APLIKASI KOMPUTER BAGI DOSEN DI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS MOODLE.
Kurniati, N. (2022). PEMBELAJARAN DARING DAN PROBLEMATIKANYA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(1).
Meningkatkan, U., Kegiatan, K., Pradnyana, G. A., & Pradnyana, A. (2015). Perancangan dan Implementasi Responsive E-Learning Berbasis MOODLE. https://www.researchgate.net/publication/315380794
Putu, N., & Damayanthi, D. (n.d.). SANDIBASA I (Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I) “INOVASI PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA” Efektivitas Pengembangan Modul Bahasa Indonesia Berkarakter Bangsa pada Kuliah Daring di ITB STIKOM Bali.
Risti, S. (2025). Sistem E-Learning Berbasis Moodle. Jurnal Komputer Teknologi Informasi Sistem Informasi (JUKTISI), 4(1), 79–85. https://doi.org/10.62712/juktisi.v4i1.358













