Penerapan Metode Ceramah Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Zakat Fitrah dan Zakat Mal di SMPN II Kuta Baharu dan SMPN II Singkohor
Main Article Content
Karta Sasmita
Agus Kurniati
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat ketercapaian siswa dalam memahami materi zakat, baik zakat fitrah maupun zakat mal, sebagai salah satu rukun Islam. Dilakukan di SMP Negeri II Kuta Baharu dan SMP Negeri II Singkohor, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dalam dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, tes pemahaman, dan wawancara dengan siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang melibatkan partisipasi aktif siswa, seperti di SMP Negeri II Kuta Baharu, berhasil meningkatkan pemahaman siswa dari 44% pada siklus pertama menjadi 84% pada siklus kedua. Namun, di SMP Negeri II Singkohor, tingkat pemahaman siswa masih rendah karena kurangnya variasi metode pembelajaran dan rendahnya antusiasme siswa. Faktor-faktor seperti metode pembelajaran, sarana prasarana, dan kondisi psikologis siswa terbukti memengaruhi keberhasilan pembelajaran zakat. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran zakat di sekolah.
Ahmad, M. Y., & Nurjanah, S. (2016). Hubungan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Kecerdasan Emosional Siswa. Jurnal Al-Hikmah, 13(1), 1–17.
Anonim. (2020). Karakteristik Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). 16 April. https://siln-riyadh.kemdikbud.go.id/smp/2020/04/16/karakteristik-siswa-sekolah-menengah-pertama-smp/
Atiaturrahmaniah, Kudsiah, M., & Ulfa, E. M. (2021). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas IV SDN Sukaraja. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 268–278.
Bakti, W. (2024). Penerapan Kegiatan Membatik Dengan Bahan Alam Dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun. Universitas Negeri Malang.
Batubara, R. Y., Nasution, M. A., & Lestari, S. (2023). Analisis Pemahaman Muzakki Menggunakan Aplikasi Zakat pada Bank Syariah Kota Sibolga. JISFIM: Journal of Islamic Social Finance Management, 4(2), 241–252.
Berutu, A. (2024). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kolaboratif Pada Peserta Didik. Jurnal Siklus: Penelitian Tindak Kelas, 2(1), 26–34.
Dulyapit, A., & Lestari, S. (2024). Metode Ceramah Dalam Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah : Analisis Literatur Tentang Implementasi. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 45–56.
Fatmawati, Misbahuddin, & Sanusi, M. N. T. (2024). Analisis Zakat Fitrah dan Zakat Mal dalam Islam. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(6), 52–55.
Rahman, S. (2021). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, November, 289–302.
Salisah, S. K., Darmiyanti, A., & Arifudin, Y. F. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Era Digital : Tinjauan Literatur. Al-Fikr : Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 36–42.
Satriani. (2016). Inovasi Pendidikan: Metode Pembelajaran Monoton ke Pembelajaran Variatif (Metode Ceramah Plus). Jurnal Ilmiah Iqra’, 10(1), 47–54.
Sumiyati, & Ahsan, M. (20018). Pendidikan Agama Islam dan Budipekerti. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Yusnita, N. C., & Muqowim. (2020). Pendekatan Student Centered Learning dalam Menanamkan Karakter Disiplin dan Mandiri Anak di TK Annur II. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 116–126.













