Hubungan Konsep Diri Dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum Pada Siswa SMP Negeri 1 Curug Kab. Tangerang
Main Article Content
Rara Jusnita
Siti Haeriyah
Adi Dwi Susanto
Pendahuluan: Kecemasan berbicara di depan umum atau public speaking anxiety merupakan salah satu bentuk kecemasan sosial yang umum dialami oleh remaja, termasuk siswa SMP. Salah satu faktor yang dapat memengaruhi kecemasan ini adalah konsep diri, yaitu bagaimana seseorang memandang dan menilai dirinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan kecemasan berbicara di depan umum pada siswa SMP Negeri 1 Curug Kabupaten Tangerang. Metode: Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Jumlah sampel sebanyak 255 responden yang dipilih dengan teknik stratified random sampling. Analisis Data: menggunakan uji Chi-Square. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan kecemasan berbicara di depan umum (p = 0,000 ; p < 0,05). Dapat disimpulkan bahwa semakin positif konsep diri siswa, maka semakin rendah tingkat kecemasannya saat berbicara di depan umum. Kesimpulan: Dapat disimpulkan bahwa semakin positif konsep diri siswa, maka semakin rendah tingkat kecemasannya saat berbicara di depan umum.
Agus, Fahrizqi, W. (2021). Efektivitas vertical jumpterhadap kemampuan smashbola voli putra. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, volume 17(1), 1–9. https://doi.org/https:/doi.org/10.21831/jpji.v17i1.38631
Heni Safitri. (2022). Hubungan Konsep Diri Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Siswa di SMP N 5 Kota Jambi.
Hidayat, F., Nurbaya, S., & Darmawan, S. (2024). Hubungan Konsep Diri Terhadap Kecemasan Menyeluruh Siswa SMP Negeri 12 Makassar. JIMPK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, Volume 4 N(ISSN : 2797-0019 E-ISSN : 2797-0361), 76. https://jurnal.stikesnh.ac.id/index.php/jimpk/article/download/1420/988/7232
Kurniati, D. (2024). Efektivitas Terapi Musik Klasik Mozart Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Remaja Putri di Pesantren Al Ihya Bogor. Bachelor Thesis, Universitas Nasional. http://repository.unas.ac.id/id/eprint/12008
Li, G., Liu, J., Wen, H., & Shen, Q. (2023). Changes in Depression Among Adolescents : A Multiple-Group Latent Profile Transition Analysis. February, 319–332.
Mz, I. (2025). Peran Konsep Diri Terhadap Kedisiplinan Siswa. Nalar: Jurnal Peradaban Dan Pemikiran Islam, Vol 2 No 1, 1–11. https://doi.org/DOI: 10.23971/njppi.v2i1.915
Nina Vania Aristawiati & Moh. Abdul Hakim. (2023). Mengukur Depresi, Kecemasan, Dan Sres Pada Kelompok Dewasa Awal di Indonesia: Uji Validitas Dan Reliabilitas Konstruk DASS-21. Jurnal Psikologi Ulayat: Indonesian Journal of Indigenous Psychology, volume 10, 232–250. https://doi.org/DOI: 10.24854/jpu553
Notoatmodjo, S. (2018). Metode Penelitian Kesehatan.
Pratiwi Meka. (2021). Konsep Diri Siswa Smpn 4 Kota Jambi. 1–50.
Putra, S., Syahran Jailani, M., & Hakim Nasution, F. (2021). Penerapan Prinsip Dasar Etika Penelitian Ilmiah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 27876–27881.
Rasimin. (2021). Efektivitas Layanan Bimbigan Kelompok Berbasis Problem Base Learning Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, volume 3 N, 316. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.261
Risnawita, M. N. G. & R. (2019). Teori-Teori Psikologi (R. Kusumaningrarti (ed.); 1st ed.). AR-RUZZ MEDIA. https://repository.iainkediri.ac.id/584/1/TEORI-TEORI PSIKOLOGI.pdf
Rizki Yuliandra, E. B. F. (2019). Pengembangan Model Latihan Jump Shoot Bola Basket. JOURNAL of S.P.O.R.T (SPORT, Physical Education, Organization, Recreation, and Training)., Volume 3 N. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/sport.v3i1.750
Senjaya, S., Hernawaty, T., Hendrawati, & DA, I. A. (2022). Hubungan Mekanisme Koping Dengan Imun Pada Odha Selama Pandemi Covid 19. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 1(4), 1026–1042. https://doi.org/10.55681/sentri.v1i4.319
Sholiha. (2020). Hubungan Self Concept dan Self Confidence. Jurnal Psikologi, Vol. 7 No., 41–55. https://www.researchgate.net/publication/340936551_Hubungan_Self_Concept_dan_Self_Confidence/fulltext/63d269b4d7e5841e0bfb2b4d/Hubungan-Self-Concept-dan-Self-Confidence.pdf
Siti Rahma, N. H. (2020). Penerapan Guided Mental Imagery untuk Menurunkan Kecemasan Berbicara di Depan Umum. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, ISSN: 2715-7121, 8–20. https://seminar.uad.ac.id/index.php/snmpuad/article/download/5697/1208
Sudi, M. (2023). Pentingnya Public Speaking. In A. A. &Shela Z. Wandani (Ed.), Dasar Public Speaking (1st ed., p. hal 4). PT Mafy Media Literasi Indonesia Anggota Ikapi 041/SBA/2023. https://repository.um.ac.id/5593/1/fullteks.pdf
Sugiyono, P. D. (2020). Statistika Untuk Penelitan (15th ed.). C.v Alfabeta.
Yuliandra. (2020). Peningkatan gerak dasar guling belakang bagi siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, volume 16, 204–213. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/jpji.v16i2.34110
Zulkarnain, D. I. (2020). Membentuk Konsep Diri Melalui Budaya Tutur (M. . Febry Ichwan Butsi, S.Sos (ed.); 1st ed.). Puspantara. https://books.google.co.id/books/about/Membentuk_Konsep_Diri_Melalui_Budaya_Tut.html?id=f-_6DwAAQBAJ&redir_esc=y