Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Kpop Brand Ambasador, Brand Image, Dan Korean Wave Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Merek Somethinc Di Tokopedia Pada Mahasiswa S1 Feb Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Main Article Content
Siti Nurul Hidayati
Rina Sulistiyani
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel harga, kualitas produk, K‑Pop brand ambassador, brand image, dan Korean wave terhadap keputusan pembelian produk Somethinc di Tokopedia di kalangan mahasiswa S1 FEB Universitas Dr. Soetomo Surabaya. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan survei terhadap 200 responden, di mana data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, serta regresi linier berganda. Hasil menunjukkan bahwa seluruh indikator valid (p < 0,05) dan instrument reliabel (Cronbach’s alpha > 0,600). Koefisien regresi linier berganda menghasilkan persamaan: Y = 4,472 + 0,014 X₁ + 0,223 X₂ + 0,103 X₃ + 0,206 X₄ + 0,179 X₅. Variabel kualitas produk, brand image, Korean wave, dan K‑Pop brand ambassador secara parsial memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (t > 1,972, p < 0,05), sementara pengaruh harga meski signifikan secara statistik memiliki kontribusi paling kecil. Secara simultan, kelima variabel independen berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian (Fhitung = 11,589 > Ftabel = 2,26). Nilai R² = 0,720 menandakan bahwa 72% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh variabel yang diteliti, sementara sisanya 28% dipengaruhi faktor lain di luar model penelitian.
Alimansyah, N. (2022). Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan TerhadapKeputusan Pembelian Pelanggan Burger King Jatiasih. Jurnal ManajemenBisnis Krisnadwipayana, 10(1), 429–442.
Arindanyts. (2023, Juni 1). Korean Wave atau Hallyu, Demam Baru di Masyarakat
Kotler, P., & Armstrong, G. (2019) Principles of Marketing, 14th Ed, Prentice Hall, Jakarta.
Kotler, P., & Keller, K., L. (2018). Manajemen Pemasaran. PT Indeks.
Kotler, P., & Keller, K., L. (2019). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 (Edisi 13) Erlangga.
Rangian, M. C., Wenas, R. S., & Lintong, D. C. A. (2022). Analisis pengaruh kualitas produk, persepsi harga dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Ms Glow Skincare di kota Tomohon. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(3), 284-294.
Rosmayati, I., Hanifah, H. S., & Budiman, A. F. (2020). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Kopi pada Mahkota Java Coffee Garut. Jurnal Wacana Ekonomi, 19(3), 185-191.
Rossiter, J.R., & Percy, L.,(2018). Marketing communications: objectives, strategy, tactics. Sage Publications.
Sudaryono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suhandi, Ade, Y., & Yuyus, K. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Harga Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Pt. Bfi Finance Indonesia Tbk Cabang Bintaro. Jurnal Ilmiah Perkusi, 1(2), 261.
Syafarina, D. (2021), Pengaruh Brand Ambassador dan Iklan Media Sosial terhadap Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan Lazada di Masa Covid19, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Wahyuningsih, D. W. (2019) “Pengaruh Variasi Produk, Harga dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Motor Yamaha N-Max di Wonogiri,” Edunomika, 3(2):404-414.
Wibisono, E. S. (2019) Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Kepuasan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Konsumen UD.Rizky Barokah di Balongbendo. Universitas Bhayangkara.