Analisis Penerapan Media Diorama Struktur Tumbuhan Pada Pembelajaran IPAS Kelas 4 Sekolah Dasar
Main Article Content
Dewi Hurwanani
Muhammad Suwignyo Prayogo
Moh. Rafli Madani
Dahil Hamdani
Dewi Antika Khasanah
Afita Nur Aini
Putri Nuriyyah Ulfa
Muhamad Rizal Almaliki
Riadhotus Sholihah
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di sekolah dasar sering kali masih didominasi metode konvensional, sehingga siswa kurang terlibat aktif, khususnya pada materi abstrak seperti struktur tumbuhan. Keterbatasan media visual menyebabkan rendahnya motivasi dan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan media diorama struktur tumbuhan pada pembelajaran IPAS kelas IV SDN 2 Sumberanyar Kecamatan Mlandingan Kabupaten Situbondo guna meningkatkan pemahaman konsep, keaktifan, dan hasil belajar. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek 28 siswa dan satu guru kelas IV. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan model Miles & Huberman melalui reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil menunjukkan bahwa diorama mampu meningkatkan partisipasi dan rasa ingin tahu siswa, memicu pertanyaan yang lebih mendalam, serta membantu menghubungkan konsep abstrak dengan representasi visual nyata. Media ini juga mendorong suasana belajar yang lebih interaktif, melibatkan keterampilan motorik halus, kerja sama, dan berpikir kritis. Kendala yang ditemukan meliputi keterbatasan jumlah diorama dan waktu pembelajaran. Secara keseluruhan, diorama efektif sebagai media pembelajaran IPAS, terutama untuk materi yang bersifat abstrak, sehingga direkomendasikan bagi guru untuk digunakan secara terencana dan kreatif.
Ardila, T., Dewi, N. K., & Oktaviyanti, I. (2023). Pengembangan Media Scrapbook Pada Materi Struktur Tumbuhan Untuk Siswa Kelas IV SDN 1 Kesik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 260–271. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1174
Ardila, T., Dewi, N. K., & Oktaviyanti, I. (2023). Pengembangan media scrapbook pada materi struktur tumbuhan untuk siswa kelas IV SDN 1 Kesik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 260-271. https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/1174
Arifa, N. R., dkk. (2023). PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN 4 MEGUGEDE. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 527-536. https://www.researchgate.net/publication/384140079_PENGARUH_PENERAPAN_MEDIA_DIORAMA_TERHADAP_KEMAMPUAN_BERPIKIR_KRITIS_SISWA_PADA_PEMBELAJARAN_IPAS_KELAS_IV_SDN_GIRILINTANG
Gibson, D., & Thompson, B. (2022). Contribution of 3D modelling and printing to learning in primary science. International Journal of Educational Research, 115, 102–118. https://doi.org/10.1080/00219266.2022.2118352
Hidayat, R. T., & Arifin, Z. (2019). Pengaruh Media Diorama terhadap Aktivitas dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 8(1), 45-56. https://www.google.com/search?q=Jurnal+Inovasi+Pendidikan+8(1)+4556+Hidayat+Arifin+2019
Huda, M. S. (2023). PENGARUH PENERAPAN MEDIA DIORAMA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SDN GIRILINTANG. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 17(2), 241-248. https://www.researchgate.net/publication/377606257_Pengaruh_Penggunaan_Media_Diorama_Terhadap_Pemahaman_Siswa_pada_Mata_Pelajaran_IPA_di_Kelas_IV_SDMI
Istiqomah, N., & Handayani, U. (2023). Peningkatan hasil belajar IPA siswa kelas V dengan menggunakan Scientific Approach berbantuan media diorama 3 dimensi. Indonesian Journal of Integrated Science and Learning, 1(2). https://doi.org/10.60041/ijisl.v1i2.62
Kaniaazahrra Nurkahfi, F. R., Tasti Adri, H., & Ichsan, M. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIORAMA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PELAJARAN IPA. AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA, 2(2), 131–137. https://doi.org/10.30997/alkaff.v2i2.12863
Khaeroni, I., & Julia, S. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Diorama Terhadap Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran IPA di Kelas IV SD/MI. Journal on Education, 6(2). https://journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/25268
Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. (t.t.).https://digi-lib.stekom.ac.id/assets/dokumen/ebook/feb_35efe6a47227d6031a75569c2f3f39d44fe2db43_1652079047.pdf
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (Third edition). SAGE Publications, Inc.https://www.metodos.work/wp-content/uploads/2024/01/Qualitative-Data-Analysis.pdf
Miskin, S., & Eksan, W. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TEMA 3 MATERI STRUKTUR TUMBUHAN MELALUI PENERAPAN MEDIA KONGKRIET PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 122 HALMAHERA SELATAN. 5(1). https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/566
Miskin, S., & Eksan, W. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Tema 3 Materi Struktur Tumbuhan Melalui Penerapan Media Kongkriet Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 122 Halmahera Selatan. JURNAL PENDAS (Pendidikan Sekolah Dasar), 5(1), 21-32. https://jurnal.isdikkieraha.ac.id/index.php/pendas/article/view/566
Muqaromah, A., Nurhalimah, N., & Farhurohman, O. (2023). Pemanfaatan media diorama dalam pembelajaran IPAS untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 3 sekolah dasar. Akselerasi: Jurnal Pendidikan Guru MI, https://akselerasi.uinkhas.ac.id/index.php/aksel/issue/view/32
Nurkahfi, F. R. K., Adri, H. T., & Ichsan, M. (2024). Pengaruh penggunaan media diorama terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pelajaran IPA. AL-KAFF: Jurnal Sosial Humaniora, 2(2), 131-137. https://ojs.unida.ac.id/al-kaff/article/view/12863
Sari, M., Khaliza, R., Annisa, A., Maulidiyah, S., & Zahra, N. G. (2024). MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI PEMANFAATAN MEDIA DIORAMA. Warta Dharmawangsa, 18(1), 193–204. https://doi.org/10.46576/wdw.v18i1.4265.
Sari, M., Khaliza, R., Annisa, A., Maulidiyah, S., & Zahra, N. G. (2024). Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Melalui Pemanfaatan Media Diorama. Warta Dharmawangsa, 18(1), 193-204. https://journal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/view/4265
Sari, E. P., & Kurniawan, D. (2020). Penggunaan Media Diorama untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur Tumbuhan Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 123-134. https://www.google.com/search?q=Jurnal+Pendidikan+Dasar+10(2)+123-134+Sari+Kurniawan+2020
Wulandari, N. A., & Cahyani, I. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Diorama Struktur Tumbuhan dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Kreatif, 11(3), 201-210. https://www.google.com/search?q=Jurnal+Pendidikan+Kreatif+11(3)+201-210+Wulandari+Cahyani+2021