Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis I-Spring Pada Mata Pelajaran IPA Materi Ekosistem Pada Siswa Kelas V SDN Jajar 1
Main Article Content
Dhimas Wahyu Satriya Utama
Nursalim
Sutrisno Sahari
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis I-Spring pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) materi ekosistem bagi siswa kelas V SDN Jajar 1. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan keterbatasan media pembelajaran dan dominasi metode ceramah. Pengembangan media dilakukan menggunakan metode Research and Development (R&D) model ADDIE yang meliputi tahap analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, dengan subjek penelitian sebanyak 29 siswa. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media untuk menilai kevalidan produk, sedangkan kepraktisan diuji melalui angket respon guru dan siswa, dan keefektifan diuji menggunakan pre-test dan post-test. Hasil validasi ahli materi memperoleh skor 88% dan ahli media 86,6%, keduanya berkriteria sangat valid. Respon guru mencapai 88% dan respon siswa 98%, menunjukkan media sangat praktis. Uji keefektifan menunjukkan skor 89,4%, termasuk kategori sangat efektif. Temuan ini mengindikasikan bahwa multimedia interaktif berbasis I-Spring mampu meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa dalam mempelajari materi ekosistem. Dengan demikian, media ini layak digunakan sebagai alternatif pembelajaran IPA yang menarik, interaktif, dan efektif di sekolah dasar.
Budiharti, R., & Waras, N. S. (2018). Analysis of student’s scientific attitude behaviour change effects blended learning supported by ispring suite 8 application. Journal of Physics: Conference Series, 1022(1) doi: 10.1088/1742-6596/1022/1/012024.
Hayyuningtyas, K., & Batubara, H. H. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis powerpointdanispring di android untuk meningkatkan efektifitas pembelajaran ipa di kelas 3 sd. mubtadi: Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah, 3(1),61-69.doi: 10.19105/mubtadi.v3i1.4804. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Khotimah, K. (2019). Pemanfaatan Powerpoint Terintegrasi Dengan iSpring PresenterSebagai Media Pembelajaran Ict. Eksponen, 9(1), 79-85. doi: 10.47637/eksponen.v9i1.251.
Muchtar, F. Y., & Nasrah, N. (2021). Pengembangan multimedia interaktif berbasis ispring presenteruntuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 55205529. doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1711.
Rusman, D. (2012). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Rusyani, H., Hermana, D., & Hamdani, N. A. (2016). Penggunaan multimediapembelajaran interaktif dengan i-spring presenter untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Pedagogia, 14(2), doi:10.17509/pedagogia.v14i2.3882. 333-34.
Safitri, E. (2021). Studi Literatur: Pengembangan media pembelajaran dengan video animasi powtoon. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(2),74-80.doi: 10.53621/jippmas.v1i2.12.
Sanaky, H. A. H. (2013). Media pembelajaran interaktifinovatif.
Sastrakusumah, E. N., Suherman, U., Darmawan, D., & Jamilah, J. (2018). Pengaruh media pembelajaran interaktif berbantuan aplikasi ispring presenter terhadap kemampuan. Teknologi Pembelajaran, 3(1),462-485.
Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung Alfabeta.
Susanto, A. 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenandamediagrup.
Wisudawati Asih Widi dan EkaSulistyowati. 2013. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.