Perancangan Media Promosi Toko New Yap Yek
Main Article Content
Fauzan Aulia
Izan Qomarats
Penelitian ini bertujuan untuk merancang media promosi Toko Sepatu New Yap Yek melalui pendekatan audio visual mixed media yang menonjolkan nilai historis dan kualitas sepatu kulit handmade. Didirikan sejak 1928 di Kota Bukittinggi, New Yap Yek merupakan produsen sepatu lokal yang masih mempertahankan metode pembuatan manual. Perancangan ini meliputi media utama berupa video promosi berdurasi 90 detik, serta media pendukung seperti poster, banner, packaging, feed Instagram, dan merchandise. Hasil karya dirancang dengan identitas visual konsisten-menggunakan warna krem, merah, dan hitam, tipografi bergaya vintage, serta bahasa Indonesia ejaan lama. Video utama menggabungkan footage dokumenter, motion graphic, ilustrasi sepatu, serta footage sinematik model dan suasana alam, guna memperkuat storytelling. Media promosi ini tidak hanya menyampaikan informasi produk, tetapi juga membangun ikatan emosional melalui narasi sejarah dan pendekatan visual yang kuat.
Akbar, Wahyu. (2021). Perancangan Media Promosi CV. Pesona Interior
Padang Panjang. Skripsi. Padang Panjang: Institut Seni Indonesia Padang Panjang.
Ainunnisa, Nur Ayu. (2020). Komunikasi Persuasif Dalam Meningkatkan Literasi Sastra Pada Kalangan Difabel Netra. Jurnal. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Anggraini, S., Lia, & Kirana. (2014). Desain Komunikasi Visual. Bandung: Nuansa Cendekia.
Arini, Asti M., & Ambar, B. (2011). Batik: Warisan Adiluhung Nusantara. Yogyakarta: Andi Offset.
Babin, Zikmund. (2011). Menjelajahi Riset Pemasaran (Edisi Kesepuluh). Jakarta: Salemba Empat.
Baskara, I. W. D., Wibawa, A. P., & Putraka, A. N. A. (2022). Perancangan Desain Komunikasi Visual Untuk Mempromosi Kopi Bubuk Bali Cap Mutiara Desa Batungngsel, Kecamatan Pupuan, Kabupaten Bapuan. Amarasi: Jurnal Desain Komunikasi Visual.
Brahmantara, B. (2022). Penggunaan Sandal Khusus Untuk Pencegahan Keausan Batu Candi Borobudur. Jurnal Konservasi Cagar Budaya, 16(1), 3-22.
Daud, D. (2013). Promosi dan Kualitas Layanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Pembiayaan pada PT. Bess Finance Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi.
Herwandi, Lindayanti. (2011). Industri Batik di Sumatera Barat (Perspektif Sejarah): Kebutuhan Pasar Besar Namun Kemampuan Produksi Kecil. FIB Unand.
Kembaren, Y. A., Kartono, G., & Mesra, M. (2020). Analisis Karya Poster Berdasarkan Unity, Layout, Tipografi, Dan Warna. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 9(1), 121-126.
Krasner, J. (2008). Motion Graphic Design Applied Historic and Aesthetics. Oxford: Elsevier.
Kusumandyoko, Tri Cahyo. (2022). Perancangan Media Promosi Batik Abhista Tuban. Skripsi. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Mirawati, I. (2021). Pemanfaatan Teori Komunikasi Persuasif Pada Penelitian E-Commerce Di Era Digital. Medium, 9(1), 58-80.
Mulya, Jennifer Rahmatul. (2022). Perancangan Media Promosi Destinasi Lima Puluh Kota. Skripsi. Padang Panjang: Institut Seni Indonesia Padang Panjang.
Musman, A. (2011). Batik: Warisan Adiluhung Nusantara. Indonesia: G-Media.
Nugraha, R. N., & Raditia, W. (2023). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Promosi Hotel Teraskita Jakarta. Jurnal Daya Saing, 9(1), 222-228.
Prayogi, R., Tanjung, M. R., & Alwi, H. (2025). Perancangan Tipografi Adaptasi dari Ornamen Motif Ulos Sadum Mandailing. Misterius: Publikasi Ilmu Seni dan Desain Komunikasi Visual, 2(1), 26-37.
Raden, R. Z. S. S. S., Ida Ayu, D. K. A., & Putu, W. S. P. (2022). Perancangan Media Promosi Untuk Pondok Makan Sari Mertha di Badung. Jurnal. Denpasar: Institut Seni Indonesia Denpasar.
Rustan, S. (2008). Layout Dasar dan Penerapannya. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sanyoto, Sadjiman Ebdi. (2009). Nirmana: Elemen-elemen Seni dan Desain. Yogyakarta: Jalasutra.
Syahputra, R. (2019). Strategi Pemasaran Dalam Alquran Tentang Promosi Penjualan. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 6(2), 83-88.
Ulya, F., & Nathalia, D. A. (2022). Perancangan Gaya Visual Desain Instagram Untuk Vila ZamZam. In Proceeding Seminar Nasional Teknologi Cetak Dan Media Kreatif (TETAMEKRAF). Yogyakarta: Andi Offset.