Pengembangan Sistem Informasi Pemesanan Jasa Fotografi
Main Article Content
Ahmat Gunawan
Rina Firliana
Aidina Ristyawan
Perkembangan teknologi digital mendorong berbagai sektor bisnis untuk mengadopsi platform online guna meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan (Kusuma et al., 2023). Namun, dalam industri jasa fotografi, khususnya layanan prewedding, wedding, dan sesi foto lainnya, masih banyak penyedia jasa yang belum terdigitalisasi dalam proses reservasi dan pembayaran, yang menyebabkan ketidakefisienan operasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem informasi reservasi online di Holobok Studio yang terintegrasi dengan payment gateway guna mempermudah proses pemesanan dan pembayaran secara digital. Metode pengembangan sistem menggunakan model Waterfall yang mencakup tahapan analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, hingga pemeliharaan. Sistem ini dirancang untuk memberikan kemudahan dalam pemesanan paket layanan secara real-time, mengurangi kesalahan pencatatan, mempercepat konfirmasi pembayaran, serta menyediakan pelaporan yang lebih terstruktur. Sistem terdiri dari beberapa modul utama, seperti pengelolaan pengguna, paket, kategori, reservasi, serta fitur pembayaran yang terintegrasi. Hasil implementasi menunjukkan bahwa sistem mampu meningkatkan efisiensi operasional Holobok Studio, memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik, serta memastikan data dan transaksi dikelola dengan lebih aman dan terstruktur.
Azhari, K. H., Budiman, T., Haroen, R., & Yasin, V. (2021). Analisis Dan Rancangan Manajemen Proses Bisnis Untuk Layanan Pelanggan Di Pt. Pgas Telekomunikasi Nusantara. Journal of Information System, Informatics and Computing, 5(1), 48. https://doi.org/10.52362/jisicom.v5i1.381
Budiman, R., Bayu Saputra, A., Rosdiana, A., Akuntansi, K., Banten Jaya Jl Syekh Moh Nawawi Albantani kp Boru Kecamatan Curug, U., Jaya, C., Serang, K., & Informasi, S. (2023). PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENYEWAAN STUDIO MUSIK PADA WAYZON STUDIO MUSIK. Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika (Simika) P-ISSN, 6, 2622–6901.
Darmalaksana, W. (2009). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan Wahyudin. MidSens’09 - International Workshop on Middleware Tools, Services and Run-Time Support for Sensor Networks, Co-Located with the 10th ACM/IFIP/USENIX International Middleware Conference, 1–6. https://doi.org/10.1145/1658192.1658193
Firliana, R., Kasih, P., & Sulastri, H. S. (2016). Sistem Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Service Quality (Servqual). Semnasteknomedia Online, 4(1), 1-4–205. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1308
Hakim Maulidin, L. P., & Muchayan, A. (2024). Sistem Informasi Berbasis Web untuk Manajemen Vendor Fotografi Studi Kasus Sincam Photography. Jusikom : Jurnal Sistem Komputer Musirawas, 9(1), 34–45. https://doi.org/10.32767/jusikom.v9i1.2327
Halawa, F. M. Y., Fauzi Muhammad, Agusmunanda, Faizullah Harry, & Heri Kurniawan. (2024). Rancang Bangun Web Interaktif Pemasaran Penginapan Villa Di Sibolangit Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal Komputer Teknologi Informasi Dan Sistem Informasi (JUKTISI), 3(1), 681–688. https://doi.org/10.62712/juktisi.v3i1.219
Kusuma, I. A., Dwi, F., Afifah, N., Ruba, M. G., Yudha Utama, Y., & Kediri, I. (2023). Analisis Manajemen Digital dalam Mengoptimalkan Kinerja Bisnis. Proceedings of Islamic Economics, Business, and Philanthropy, 2(1). https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/proceedings
Maulana, Y. M. (2023). Tinjauan Naratif: Analisis dan Pemodelan Proses Bisnis sebagai Perbaikan Proses Bisnis pada Organisasi. Jurnal Teknologi Dan Informasi, 13(1), 1–16. https://doi.org/10.34010/jati.v13i1.9038
Muhammad Deary, Gilang Dwi Prasetyo, Rohid Akbar, M Yuda Al- Faruq, & Nurbaiti Nurbaiti. (2025). Peran Penggunaan Teknologi Digital Terhadap Kesuksesan dan Kegagalan E-bisnis di Era Digital. Jurnal Rumpun Manajemen Dan Ekonomi, 2(1), 321–334. https://doi.org/10.61722/jrme.v2i1.3720
Nur, H. (2019). Penggunaan Metode Waterfall Dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan. Generation Journal, 3(1), 1. https://doi.org/10.29407/gj.v3i1.12642
Rahayu, Y. S., Saputra, Y., & Irawan, D. (2024). Implementasi Metode Waterfall Pada Pengembangan Sistem Informasi Mobile E-Disarpus. ZONAsi: Jurnal Sistem Informasi, 6(2), 523–534. https://doi.org/10.31849/zn.v6i2.20538
Supiyandi, S., Rizal, C., Zen, M., & Eka, M. (2022). Pelatihan Perangkat Desa Dalam Penerapan Metode Waterfall Pada Sistem Informasi Desa. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(3), 2346. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i3.8533