Perancangan Identitas Visual Sanggar Seni Singgalang Jaya Di Nagari Kampuang Tangah Kabupaten Agam
Main Article Content
Muhammad Ridho
Kendall Malik
Sanggar Seni Singgalang Jaya merupakan komunitas seni di Nagari Kampuang Tangah, Kabupaten Agam, yang berfokus pada pelestarian seni budaya Minangkabau melalui pertunjukan tari dan musik kreasi modern. Namun, sanggar ini mengalami penurunan minat masyarakat akibat belum memiliki identitas visual yang kuat dan representatif. Perancangan ini bertujuan menciptakan identitas visual yang mampu mengkomunikasikan citra dan nilai-nilai sanggar secara komunikatif dan menarik. Metode yang digunakan meliputi observasi langsung, wawancara dengan pengelola sanggar, studi pustaka, serta analisis SWOT dan segmentasi target audiens. Perancangan logo mengusung konsep culture, modern, dan dynamic yang diwujudkan melalui elemen visual seperti ukiran Minangkabau, penyesuaian warna dengan konsep, serta tipografi yang dinamis. Hasil perancangan identitas visual diwujudkan dalam bentuk logo kombinasi logogram dan logotype, yang kemudian diterapkan pada berbagai media pendukung seperti poster, merchandise, motion logo, dan banner vertikal. Tagline “Warisan Budaya nan Modern” digunakan untuk memperkuat karakter dan citra sanggar.
Airey, D. 2014. Logo Design Love: A Guide to Creating Iconic Brand Identities. New Riders.
Kotler, P., & Keller, K.L. 2016. Marketings Management. United States of America: Pearson Education, Inc.
Kurniawan, A. 2008. Corporate Identity Desain. Jakarta: Penerbit XYZ.
Landa, R. (2011). Graphic Design Solutions (5th ed.). Belmont, CA: Wadsworth Publishing (Cengage Learning).
Morissan, M. A. 2018. Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi. Jakarta Timur: Prenada Media.
Rogers, E. M., & Kincaid, D. L. 1981. Communication networks: Toward a new paradigm for research. New York: Free Press.
Sihombing, Danton, MFA. 2015. Tipografi dalam Desain Grafis (Edisi revisi). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.