Media Informasi Tentang Bahaya Prokrastinasi Pada Aktivitas Akademik
Main Article Content
Siti Shahara
Fadlul Rahman
Aryoni Ananta
Procrastination atau kebiasaan menunda tugas akademik merupakan perilaku yang umum dijumpai di kalangan mahasiswa, termasuk di Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang. Berdasarkan hasil observasi dan kuesioner yang disebarkan kepada 242 mahasiswa, sebanyak 74,4% mengaku sering melakukan procrastination. Sebagian besar dari mereka belum menyadari dampak jangka panjangnya terhadap pencapaian akademik, seperti penurunan kualitas tugas, peningkatan stres, dan gangguan kesehatan mental. Untuk memahami dan mengatasi fenomena ini, digunakan pendekxxatan teori audiovisual, yang menekankan pentingnya penyampaian pesan melalui perpaduan elemen visual dan suara guna meningkatkan efektivitas komunikasi, khususnya dalam konteks edukasi bagi mahasiswa.
Untuk mengatasi masalah procrastination di kalangan mahasiswa, dikembangkan media utama berupa video animasi edukatif 2D yang ditayangkan di YouTube. Animasi ini menampilkan karakter mahasiswa yang mengalami konflik internal akibat kebiasaan menunda tugas, serta kemunculan sosok "monster procrastination" sebagai simbol gangguan mental dan distraksi. Selain itu, media ini didukung oleh poster, booklet, dan konten media sosial guna memperluas jangkauan informasi. Pendekatan audiovisual yang komunikatif diharapkan mampu meningkatkan kesadaran serta mendorong perubahan perilaku akademik yang lebih produktif.
Alex Sobur. (2006). Analisis Teks Media; Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing.
Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Anthropology), 4(1), 53.
Arifiana, I. Y. (2016). Penerimaan diri pada individu indigo. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia 5(3),194–203.
Augia Gesya Dwi. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menggambar Ilustrasi Untuk Siswa Kelas Viii Di Smp N 2 Turi Sleman. Yogyakrta: 802-812.
Betancourt, Michael. (2013). The history of motion graphics. Wildside press. Burka, Jane B & Lenora M. Yuen. (2008).
Procrastination Why You Do It, What To Do About It Now. Da Capo Press: USA
Burns, L. R., Dittman, K., Nguyen, N., & Mitchelson, J. K. (2000). Academic procrastination, perfectionism, and control: Associations with vigilant and avoidant coping. Journal of Social Behavior and Personality, 5, 35–46.
Cherry, K. (2020). Color Psychology: How Colors Impact Moods, Feelings, and Behaviors. Verywell Mind. Curran, Steven. 2000. Motion Graphics: Graphics Design For Broadcast And Film. Amerika: Rockport
Elliot, A.J. & Maier, M.A. (2012). Color-in-Context Theory. Advances in Experimental Social Psychology, 45, 61–125. Ferari, J.R., & Morales, J.F.D. (2007). Perceptions of self-concept and self- presentation by procrastinators: Further Evidence.
The Spanish Journal of Psychology, 10(1), 91-96.
Ferrari, J. R. & Tice, D. (2000). Procrastination as a Self Handicap for Men and Women; A Task Avoidance Strategy in a Laboratory Setting. Journal of Research in Personality, Vol. 34.