Perancangan Media Informasi Yayasan Annizariyah
Main Article Content
Faizah Khalisa
Izan Qomarats
Khairunnisa
Perancangan Media Informasi Yayasan Annizariyyah dilakukan sebagai solusi atas kebutuhan media digital yang mampu mengintegrasikan berbagai informasi dari unit-unit Yayasan Annizariyyah. Sebelumnya, penyebaran informasi dilakukan secara terpisah melalui media cetak, grup wali murid, media sosial, dan komunikasi langsung, yang dinilai kurang efisien dan tidak terintegrasi. Hal ini menyulitkan calon wali murid maupun masyarakat umum dalam mengakses informasi dan layanan yang disediakan, seperti pendidikan, umrah dan haji, katering, serta unit lainnya. Tujuan pembuatan perancangan ini untuk menjadi solusi dari kurangnya media informasi Yayasan Annizariyyah, agar target audiens mudah mendapatkan informasi yayasan. Proses perancangan dimulai dengan pengumpulan data melalui observasi & wawancara terhadap pihak yayasan dan calon pengguna serta dengan studi pustaka, dilanjutkan dengan analisis kebutuhan, perumusan masalah, serta penyusunan solusi yang berfokus pada tampilan website, alur informasi dan kemudahan akses. Analisis data dilakukan menggunakan pendekatan 5W+1H. Metode perancangan yang digunakan adalah Design Thinking, yang meliputi tahapan empati, define, ideate, prototype, dan testing. Hasil perancangan berupa prototype website dalam tampilan desktop dan mobile yang dikembangkan menggunakan software Figma. Halaman yang dirancang meliputi halaman Home, About Us, unit usaha (TKIT 1 Sholahuddin, TKIT 2 Sholahuddin, SDIT Sholahuddin, Dapur Sholahuddin, dan KBIHU Annizariyyah), Wakaf, Dakwah, Berita, serta Pendaftaran. Beberapa halaman dilengkapi dengan tombol “Daftar” dan “Order” yang terhubung langsung ke formulir pendaftaran. Media pendukung yang turut dirancang meliputi UI Style Guide, UI Hi-Fidelity, poster, X-banner, YouTube Web Banner, video launching, merchandise, serta User Manual Guide. Website ini dirancang dengan tampilan modern, user-friendly, serta menyajikan informasi yang informatif dan konsisten dengan identitas visual yayasan.
Dalle, Juhriyansyah dkk. (2019). Pengantar Interaksi Manusia dan Komputer. Depok: Rajawali Pers.
Ebdi Sanyoto, Sadjiman, Drs. (2005). Dasar-Dasar Tata Rupa dan Desain. Yogyakarta: CV. Arti Bumi Intaran
Ersyad, Firdaus Azwar. (2021). Semiotika Komunikasi Dalam Perspektif Charles Sanders Pierce. Solok : Penerbit Mitra Cendekia Media.
Guo, Frank. (2012). More Than Usability: The Four Elements of User Experience. Part I. https://www.uxmatters.com/mt/archives/ 2012/04/more-than-usability- the-four-elements-of-user-experience-part-i.php .
Raharja, Widuri . (2017). “ Media Informasi ” https://widuri.raharja.info/index.php?title=Media_Informasi . Diakses pada 01 desember 2024
Rifki M. (2023). Perancangan Media Informasi Franchise Kocok Indonesia. Skripsi Karya (Tidak Diterbitkan). Padangpanjang: ISI Padangpanjang.
Rustan, Surianto. (2020). Layout 2020 Buku 1, Mengenal Layout Cetak, UI/UX, Website & Apps. Jakarta : CV. Nulis Buku Jendela Dunia
Rustan, Surianto. (2020). Layout 2020 Buku 2, Mengenal Layout Cetak, UI/UX, Website & Apps. JAKARTA: CV Nulisbuku Jendela Dunia
Sarjani, Pande., dan Narulita,Eldian Tri. (2015). Identitas Budaya Lokal Pada Unsur Visual Desain Poster Keluarga Berencana BKKBN Provinsi Bali. Jurnal Segaya Widya ,Vol. 3,No. 1,2015. ISSN: 2354-7154 Hal: 435-443.
University, Binus . (2015). “Usability Vs User Experience “ https://socs.binus.ac.id/2015/09/18/usability-vs-user-experience/
University, Binus. (2019). “User Centered Design”. https://sis.binus.ac.id/2019/05/31/user-centered-design/
Zulfikar, M. Zaid. (2024). Belajar UI UX Otodidak. Klaten: PT. Nas Media Indonesia.