Peran Guru dalam Mencegah Pelanggaran HAM Bullying di Sekolah Dasar
Main Article Content
Gina Fadhilah Ramadhani
Iis Yulia Fuji Astuti
Iola Amelia Arsanti
Yosi Lara Jenita
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peran guru dalam mencegah tindakan bullying yang merupakan bentuk pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) di lingkungan sekolah dasar. Bullying sering terjadi dalam bentuk kekerasan fisik maupun psikologis yang berulang dan berdampak negatif terhadap perkembangan emosional dan sosial peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara kepada guru dan kepala sekolah di SD Negeri 15/III Tanjung Pauh Mudik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki peran strategis dalam pencegahan bullying melalui pengawasan, pembinaan karakter, sosialisasi nilai-nilai kemanusiaan, dan pemberian nasihat kepada siswa. Guru juga bertindak sebagai mediator dan fasilitator dalam menyelesaikan konflik serta membentuk lingkungan belajar yang aman dan ramah anak. Penelitian ini menekankan pentingnya penguatan pendidikan kewarganegaraan dan nilai-nilai Pancasila sejak dini sebagai langkah preventif terhadap pelanggaran HAM di sekolah dasar.
Abdillah, F. (2024). Dampak Bullying di Sekolah Dasar dan Pencegahannya. EDUCARE: Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan, 2(1), 102-108.
Adinda, A., Afrida, Y., & Braferi, L. (2024). Peran guru bimbingan konseling dalam mengatasi tindakanschool bullyingsebagai upaya mewujudkan sekolah ramah anak di SMA S Xaverius Bukittinggi. AlYazidiy: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 6(1), 1-18.
Angelia, T. (2023). The Dispute Settlement Mechanism for BullyingCases in High School Procedures in Yogyakarta(Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).
Ayuni, D. (2021). Pencegahan bullyingdalam pendidikan anak usia dini. Journal of Education Research, 2(3), 93-100.
Bete, M. N., & Arifin, A. (2023). Peran guru dalam mengatasi bullyingdi SMA Negeri Sasitamean Kecamatan Sasitamean Kabupaten Malaka. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 8(1), 15-25.
Duri, M. S., & Anintyawati, R. (2023). Peran guru kelas dalam menangani perilaku bullyingsiswa kelas V SDNU Pemanahan. Journal of Primary Education, 1(2), 22-31
Firmansyah, H., Sudiro, A., Cintya, S., Besila, C. P., & Shrishti, S. (2021). Pencegahan bullyingterhadap masyarakat difabel dan berkebutuhan khusus di kalangan remaja. Prosiding Serina, 1(1), 1785-1790.
Jerusalem, M. A., & Hidayati, D. (2024). Peran guru kelas dan orangtua dalam mencegah cyberbullyingdi sekolah dasar. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 12(2), 145-151.
Jumiati, J., Adhelmi, A., Yuniar, Y., & Wigati, I. (2023). Peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi siswa korban bullying. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 8(3), 1082-1089.
Junindra, A., Fitri, H., & Murni, I. (2022). Peran guru terhadap perilaku bullyingdi sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11133-11138.
Junindra, A., Fitri, H., & Murni, I. (2022). Peran guru terhadap perilaku bullyingdi sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 11133-11138.
Khairani, L. A. (2022). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pendidikan Principal Leadership in Character Education of Students in the Digital 4 . 0 Era. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Universitas Negeri Medan, Jl. Willem Iskandar, 20221, Indonesia, 1, 1–20.
Limbong, M., Ali, S., Rabbani, R., & Syafitri, E. (2020). Pola interaksi guru dan orang tua dalam mengendalikan emosional siswa selama pembelajaran daring di MTS Islamiyah Medan. THORIQOTUNA: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 44-55.
Muamalah, K., & Sunanto, L. (2023). Peran Guru dalam Pencegahan Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Media Pembelajaran, 1(02), 48-53.
Nisa, W., & Muhid, A. (2022). Peran layanan bimbingan dan konseling kelompok dengan teknik role playing dalam meningkatkan kecerdasan emosional: Literature review. SHINE: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(1), 1-13.
Nurdiansyah, M. F., & Dewi, D. A. (2021). Pendidikan Kewarganegaraandalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2(2), 105–115.
Nurussama, A. (2019). Peran guru kelas dalam menangani perilaku bullyingpada siswa. BASIC EDUCATION, 8(5), 510-520.
Olweus, D. (2010). Bullyingin schools: facts and intervention. Kriminalistik, 64(6), 351-61.
Rahman, I. A., & Erianjoni, E. (2023). Peran Guru dalam Mencegah Tindakan Kekerasan Fisik pada Siswa di SMPN 1 Banuhampu. JurnalPerspektif, 6(1), 143–152.
Ramadhanti, R., & Hidayat, M. T. (2022). Strategi guru dalam mengatasi perilaku bullying siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4566-4573.
Ruane, M Janet. 2021. Statistik Deskriptif: Mengubah Penampilan. Terjemahan: M Shodiq Mustika. Nusamedia.
Samsudin, A. R. (2021). Pendidikan Hak Asasi Manusia di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sofyan, F. A., dkk. (2022). Bentuk bullying dan cara mengatasi masalah bullying di sekolah dasar. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(04), 496-504.
Sukirman, S. (2021). Karya sastra media pendidikan karakter bagi peserta didik. Jurnal Konsepsi, 10(1), 17-27.
Yuliani, Wiwin. 2018. Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan Konseling. Jurnal Literasi. Vol. 2(2), 112-122.
Yulianti, Y., Putri, S. N., Nuramita, N., & Husna, N. (2023). Literature review: Peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi masalah belajar siswa. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 9(3), 475-489.