Analisis Strategi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Penjualan Kue Bhikang Di Desa Kalikajar Kabupaten Probolinggo
Main Article Content
Moh. Fajrul Rasuly
Taufiqur Rahman
Syaiful Anam
Mohammmad Khomisun
Andri Maulidani
A. Iqbal Khairi Firmansyah
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran digital dalam meningkatkan penjualan kue Bhikang di Desa Kalikajar, Kabupaten Probolinggo. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, pemasaran digital menjadi sarana yang efektif dalam memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing produk lokal. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan wawancara kepada Buk Mus selaku pemilik UMKM kue Bhikang. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana untuk mengukur hubungan antara variabel strategi pemasaran digital (media sosial dan promosi online) terhadap peningkatan penjualan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan. Temuan ini mengindikasikan bahwa pemanfaatan media digital secara optimal mampu meningkatkan visibilitas dan volume penjualan produk UMKM (Kue Bhikang) secara signifikan. Oleh karena itu, penting bagi pelaku UMKM di Desa Kalikajar untuk terus meningkatkan keterampilan digital dalam mengelola pemasaran produk secara online.
Haryanti, S., Mursito, B., Prodi, S., Fe, M., & Surakarta, U. (n.d.). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK BATIK PADA PT. DANAR HADI SURAKARTA.
Jatmiko, N. S. (n.d.). Strategi Pemasaran Ideal di Era Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM. http://e-journals.unmul.ac.id/index.php/palat
Jureid, J. (2024). Pelatihan E-Commerce (Digital Marketing) pada Umkm Kue Khas Desa Kayu Laut Mandailing Natal. ABDISOSHUM: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial Dan Humaniora, 3(2), 55–63. https://doi.org/10.55123/abdisoshum.v3i2.3588
Khotimatul Husna, N., & Khoiril Mala, I. (2024). STRATEGI PEMASARAN KONTEN DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI KONSUMEN DI MEDIA SOSIAL (Vol. 12, Issue 2).
Muhammad, A. A. (2024, Agustus 31). Perkembangan UMKM di Indonesia: Tantangan dan Peluang. Retrieved from MAJALAH EKONOMI: https://majalahekonomi.com/perkembangan-umkm-di-indonesia-tantangan-dan-peluang/
Priskilla, B. Y., Jurusan, S., & Pembangunan, E. (n.d.). Peluang dan Tantangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM): Systematic Literature Review.
Robby Aditya, & R Yuniardi Rusdianto. (2023). Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 96–102. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.386
Sifwah, M. A., Nikhal, Z. Z., Dewi, A. P., Nurcahyani, N., Latifah, R. N., Program, S., Manajemen, F., Ekonomi, D., Bisnis, U., Pamulang, K. T., Selatan, P., & Banten, I. (2024). MANTAP: Journal of Management Accounting, Tax and Production E-Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM. Mudrika Aqillah Sifwah, 2(1).
Studi, P., Komunikasi, I., Dakwah, F., Komunikasi, D., Ampel, S., Yani, S. J. A., Surabaya, J., Timur, I., Achmad, Z. A., Zendo Azhari, T., Naufal Esfandiar, W., Nuryaningrum, N., Farah, A., Syifana, D., & Cahyaningrum, I. (2020). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DALAM PEMASARAN PRODUK UMKM DI KELURAHAN SIDOKUMPUL, KABUPATEN GRESIK. Jurnal Ilmu Komunikasi, 10(1). https://doi.org/10.15642/jki.2019.9.2.239-263
Sugiyanti, L., Zenia Rabbil, M., Citra Oktavia, K., & Silvia, M. (2022). Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan UMKM. 1(2), 100–110.
Suryaningtyasari, H., & Dwijayati Patrikha, F. (2023). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DIGITAL DALAM UPAYA PENINGKATAN OMSET PENJUALAN. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 11.
Widhajati, E. (2019). Strategi Pemasaran Online Terhadap Peningkatan Penjualan UMKM Di PLUT KUMKM Tulungagung. Benefit, 6(1), 58-66.