Pendekatan Bimbingan Konseling Islam Berbasis Nilai-Nilai Qur’ani Dalam Mengatasi Masalah Emosional Pada Anak
Main Article Content
Nikmatus Sholihah
Putri Dita Novitasari
Kesejahteraan emosional anak merupakan aspek krusial dalam membentuk individu yang sehat secara holistik, mencakup keseimbangan fisik, psikologis, sosial, dan spiritual. Namun, tantangan era modern seperti tekanan sosial, konflik interpersonal, serta pengaruh budaya global, menjadikan anak-anak semakin rentan terhadap gangguan emosional. Pendekatan Bimbingan Konseling Islam (BKI) berbasis nilai-nilai Qur’ani hadir sebagai alternatif solutif yang mengintegrasikan penguatan moral dan spiritual dalam penanganan masalah emosional anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi secara konseptual potensi nilai-nilai Qur’ani dalam kerangka BKI sebagai strategi penanganan masalah emosional yang holistik dan aplikatif.
Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Analisis dilakukan terhadap literatur yang relevan mencakup konsep BKI, kesejahteraan emosional anak, dan nilai-nilai Qur’ani seperti sabar, syukur, tawakal, dan ikhlas. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi nilai-nilai Qur’ani dalam konseling mampu memperkuat regulasi emosi, menumbuhkan ketahanan spiritual, serta membentuk karakter anak yang tangguh dan berakhlak mulia. Pendekatan ini tidak hanya menyelesaikan gejala emosional secara permukaan, tetapi juga menyentuh akar spiritual dan moral anak, menjadikannya sebagai model intervensi jangka panjang yang efektif.
Dengan demikian, BKI berbasis Qur’ani dapat menjadi paradigma konseling alternatif yang relevan, khususnya dalam konteks pendidikan anak Muslim, serta memberikan kontribusi penting bagi pengembangan ilmu konseling berbasis nilai-nilai keislaman.
Perilaku Menyimpang Pada Anak-Anak.” 4(April). doi:10.55352/bki.v4i1.1148.
Affifah, A, N Suhailah, and S P Anggraini. 2023. “Peningkatan Kesejahteraan Emosional Anak Melalui Bimbingan Konseling Islami: Perspektif Orang Tua Dan Guru.” Innovative: Journal Of Social … 3(3): 976–90. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2314%0Ahttp://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/2314/1652.
Andriani, Elly, and Tri Kurniawati. 2025. “Analisis Penerapan Hadits Untuk Stimulasi Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Mutiara Bunda Kenjeran Surabaya.” 12: 75–87.
Aristyasari, Yunita Furi, and Chusnul Azhar. 2022. “Model Pendidikan Qur’ani Dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional.” DAYAH: Journal of Islamic Education 5(1): 111. doi:10.22373/jie.v5i1.10721.
Azka, Silma Awawina. 2020. “Konsep Bimbingan Dan Konseling Islami Menurut Anwar Sutoyo.” IAIN Purwokerto. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/8544.
Dewi, Suharti Neng, and Saiful Akhyar Lubis. 2024. “Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Emosi Negatif Anak Broken Home Dengan Teknik Modelling Dan Konseling Islami.” Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha 15(1): 19–27. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIBK/article/view/82220.
Hasmarlin, Hanum, and Hirmaningsih Hirmaningsih. 2019a. “Regulasi Emosi Pada Remaja Laki-Laki Dan Perempuan.” Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender 18(1): 87. doi:10.24014/marwah.v18i1.6525.
Hasmarlin, Hanum, and Hirmaningsih Hirmaningsih. 2019b. “Self-Compassion Dan Regulasi Emosi Pada Remaja.” Jurnal Psikologi 15(2): 148. doi:10.24014/jp.v15i2.7740.
Jaya, Indra Saputra, and Rusli Malli. 2019. “Pengembangan Kecerdasan Emosional Pada Anak Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer 10(2): 69–82.
Kartini, Titin, Duddy Imanuddin Effendy, and Encep Taufiq Rohman. 2023. “Bimbingan Konseling Individu Mengatasi Regulasi Emosi Negatif Pada Remaja Fatherless.” Irsyad: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, dan Psikoterapi Islam 11(2): 167–88. doi:10.15575/irsyad.v11i2.30285.
Manurung, Rosida Tiurma, Evany Victoriana, and Alfredo Ezra Amadeus. 2021. “AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 1339 Membangun Komunikasi Verbal Positif Dalam Keluarga Dengan Pengelolaan Emosi.” AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 07(03): 1339–46. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara.
Nasution, Fauziah Nasution, Nur Hasanah Alvi Syahrin, Nurul Fadilah Hasibuan, Ziha Fida Utami Tanjung, and Nurul Hadidah Al-Hadid. 2023. “Peran Bimbingan Konseling Dalam Perkembangan Sosial-Emosional Anak.” ANTHOR: Education and Learning Journal 2(5): 668–75. doi:10.31004/anthor.v1i5.212.
Zulkarnain, Zulkarnain. 2018. “Emosional : Tinjauan Al-Qur’an Dan Relevansinya Dalam Pendidikan.” Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam 5(2): 183–97. doi:10.32923/tarbawy.v5i2.836.