Pengaruh Efikasi Diri Dan Budaya Organisasi Terhadap Perilaku Kerja Inovatif Guru Di Bekasi Melalui Knowladge Sharing Sebagai Variabel Intervening
Main Article Content
Lisa Dwinar
Indah Nur Aliza
Annisa Safitri
Rianti Setyawasih
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh efikasi diri dan budaya organisasi terhadap perilaku kerja inovatif guru di Bekasi, dengan knowledge sharing sebagai variabel mediasi. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya inovasi dalam dunia pendidikan guna menjawab tantangan global serta meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain kausal dan teknik analisis data Partial Least Square (PLS). Sampel penelitian sebanyak 95 guru di Kota/ Kabupatren Bekasi dipilih menggunakan teknik simple random sampling dengan menggunakan Kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri dan knowledge berpengaruh signifikan terhadap perilaku kerja inovatif, namun budaya organisasi tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku kerja inovatif. Efikasi diri dan Budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap knowledge sharing, secara langsung terhadap perilaku kerja inovatif. Selain itu, knowledge sharing dapat memediasi secara signifikan hubungan antara efikasi diri maupun budaya organisasi terhadap perilaku kerja inovatif. Temuan ini mengindikasikan bahwa peningkatan efikasi diri dan budaya organisasi yang mendukung perlu disertai strategi tambahan untuk mendorong berbagi pengetahuan secara aktif, sehingga dapat memperkuat perilaku kerja inovatif guru.
A. Juliandi, Irfan, S. M. (2015). 6-6-1-Pb. In Metodologi Penelitian Bisnis (Issue ISBN: 978-602-703330-3-0).
Adel, F., Binni, H., Tamengkel, L. F., & Rumawas, W. (2024). Pengaruh Budaya Organisasi dan Knowladge Sharing Terhadap Perilaku Kerja Inovatif Pada RS . Sentra Medika Minahasa Utara. 5(3), 957–965.
Anabelle, J., Febriantina, S., & Marsofiyati. (2023). Perilaku Kerja Inovatif Guru Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Swasta Di Jakarta Timur. Jurnal Pendidikan Seroja, 2(3), 139–150. http://jurnal.anfa.co.id/index.php/seroja
Ariprabowo, T. (2022). Efikasi Diri Dan Perilaku Inovatif: Peran Dukungan Organisasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 10, 1026–1036.
Asad, N., Hashmi, H. B. A., Nasir, M., Khalid, A., & Ahmad, A. (2021). Transformational Leadership Relationship with Employee Creativity: The Moderating Effect of Knowledge Sharing and Mediating Effect of Creative Self-Efficacy. International Journal of Innovation, Creativity and Change, December, 1005–1029. https://doi.org/10.53333/ijicc2013/15913
Azzahra, S. A., Studi, P., Administrasi, P., Ekonomi, F., & Jakarta, U. N. (2024). THE INFLUENCE OF SELF-EFFICACY AND LEARNING ON INNOVATIVE WORK THROUGH WORK ENGAGEMENT OF PUBLIC HIGH SCHOOL.
Bandura. (2018). self efficacy. https://www.researchgate.net/publication/229539100_Self-Efficacy
Budaya, P., Karyawan, P., & Kunci, K. (2022). Lembaran Ilmu Pendidikan. 51(2), 63–69.
Cardina, D. S., & Negara, D. J. (2022). The effect of organizational culture and perceived organizational support on innovative work behavior. Lembaran Ilmu Kependidikan, 51(2), 63–69.
Clara, W. A., Entang, M., & Wulandari, D. (2024). Pengaruh Efikasi Diri, Pemberdayaan, dan Knowledge Sharing, Terhadap Keinovatifan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(1), 001–009. https://doi.org/10.33751/jmp.v12i1.9933
Comission, E. (2016). efikasi diri terhadap perilaku kerja inovatif melalui knowledge sharing. 4(1), 1–23.
Dwi Ramadhan, R., & Anugerah Izzati, U. (2023). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Perilaku Inovatif Pada Guru Di Yayasan “X” The Relationship Between Self-Efficacy and Innovative Behavior Among Teachers In “X” Foundation. Character : Jurnal Penelitian Psikologi, 10(02), 344–363. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/53795/43047
Global Innovation Index. (2024). Indonesia ranking in the global innovation index 2024. c.
Hair. (2019). Multivariate data analisist. chrome-extension://efaidnbmnnnibpcajpcglclefindmkaj/https://www.drnishikantjha.com/papersCollection/Multivariate Data Analysis.pdf
Hardianto, H., Hidayat, H., & Zulkifli, Z. (2021). Perilaku kerja inovatif bagi guru dan tenaga kependidikan. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(1), 112–119. https://doi.org/10.29210/02021937
Irawati, T. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Knowledge Sharing Pada Pegawai Kearsipan di Universitas Gadjah Mada. 1–17.
Islamy, F. J. (2013). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Implementasi Knowledge Sharing Dosen Tetap Universitas Pendidikan Indonesia Bandung Tahun 2013. -, 1–13. https://www.emeraldinsight.com/doi/abs/10.1108/JKM-11-2015-0427
King, D., & Lawley, S. (2022). Organizational Behaviour. Organizational Behaviour, November 2018. https://doi.org/10.1093/hebz/9780192893475.001.0001
Mazidah, A., & Laily, N. (2020). Pengaruh knowledge sharing terhadap perilaku inovatif dan kinerja karyawan. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 9(2), 1–22.
Muetya, sena G., Rifai, M., & santoso, teguh, panji, M. (2022). NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial ْPerpajakan. Nusantara: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(4), 1483–1490.
Pandanningrum, V., & Nugraheni, R. (2021). PENGARUH KNOWLEDGE SHARING TERHADAP PERILAKU KERJA INOVATIF DENGAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Pegawai Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Tengah). Diponegoro Journal of Management, 10(1), 1–11. http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr
Rianti Setyawasih. (2022). nnovative Work Behavior Shaped by Learning Organization and Employee Engagement as Mediating Variable: A Case Study on Manufacturing Corporation. https://www.scitepress.org/PublicationsDetail.aspx?ID=Ub2vGFr3BUA=&t=1; https://www.scitepress.org/Papers/2021/112479/112479
Ridwan. (2022). Indonesian Journal of Science & Technology. Indonesian Journal of Science Learning, 3(1), 16–23.
Rombina, N. (2024). Analisis Peran Efikasi Diri dan Kompetensi Professional Terhadap Knowledge Sharing dan Kinerja Guru (Studi Empiris SMK Negeri Kabupaten Manokwari). Jurnal of Management and Business Accountin, 2(01), 80–95. https://www.jmbaina.id/index.php/jmba/index
Siswadi, Y., Jufrizen, J., Saripuddin, J., Farisi, S., & Sari, M. (2023). Organizational Culture and Organizational Citizenship Behavior: the Mediating Role of Learning Organizations and Organizational Commitment. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 16(1), 73–82. https://doi.org/10.23969/jrbm.v16i1.7184
Subagiyo, R. (2017). Metode Penelitian Ekonomi Islam: Konsep dan Penerapan. November. https://doi.org/http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/7300
Tanjung, R., Supriani, Y., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2022). Manajemen Mutu Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 29. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1481
Ummah, M. S. (2019). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Widyawati, S. R., & Karwini, N. K. (2018). Pengaruh Self Esteem, Self Efficacy Dan Keterlibatan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Dwi Fajar Semesta Denpasar. Forum Manajemen, 16(2), 54–64. https://doi.org/10.61938/fm.v16i2.265













												