Perancangan Media Promosi Sanggar Seni Gadih Lareh Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness
Main Article Content
Fariski Ananda
Izan Qomarats
Vicia Dwi Prakarti
Globalisasi menjadi tantangan bagi pelestarian budaya di Kabupaten Dharmasraya Sumatera Barat, ditandai dengan menurunnya minat generasi muda terhadap seni tradisional. Sanggar seni memiliki peran krusial dalam melestarikan budaya lokal, namun seringkali terkendala oleh kurangnya media promosi yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media promosi Sanggar Seni Gadih Lareh sebagai upaya meningkatkan brand awareness di Nagari Kurnia Koto Salak untuk menarik minat masyarakat, khususnya masyarakat di Kabupaten Dharmasraya, terhadap seni pertunjukan tradisional Minangkabau. Metode penelitian menggunakan metode analisis SWOT dan AIDA. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan pemilik sanggar, observasi partisipan, dan penyebaran kuesioner online kepada masyarakat. Analisis data dilakukan secara interaktif meliputi pengumpulan data, penyajian data, penyajian karya, analisis karya, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa video promosi dan media pendukung (poster, spanduk, x-banner, name card, id card, lanyard, konten media sosial dan merchandise) yang dirancang dengan menonjolkan keunggulan sanggar dalam melestarikan seni dan ketersediaan jasa pertunjukan tradisional Minangkabau didalam sanggar, berhasil meningkatkan brand awareness Sanggar Seni Gadih Lareh. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah kunjungan peminat kesenian pertunjukan secara langsung juga melalui media sosial sanggar, bertambahnya minat jasa pertunjukan dari masyarakat, dan bergabungnya anggota baru kedalam sanggar. Perancang merekomendasikan penerapan strategi pemasaran digital yang berkelanjutan untuk mengoptimalkan media promosi yang telah dirancang dalam memperluas jangkauan pasar Sanggar Seni Gadih Lareh.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitati, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta; 2024. 1–334 p.
Sahputra A, Suksesiwaty Lubis D. Perancangan dan Pembuatan Iklan Video sebagai Media Promosi pada Usaha Qorigins Betta. J Minfo Polgan. 2023;12(1):988–96.
Aprila D, Andriani W, Ananto RP. Financial Management of Nagari Owned Enterprises (BUMNAG) and Its Impact on Community Welfare. J Akunt Bisnis [Internet]. 2023;16(2):210–25. Available from: https://journal.ubm.ac.id/index.php/akuntansi-bisnis/article/view/4461
Yuda R, Sucipto FD, Ghifari M. Perancangan Maskot Isbi Aceh Sebagai Upaya Penguatan Brand Awareness. Gorga J Seni Rupa. 2022;11(1):36.
Syahza A. Metodologi Penelitian (Edisi Revisi Tahun 2021). Pekanbaru: Pekanbaru: Unri Press; 2021. 221 p.
Assyakurrohim D, Ikhram D, Sirodj RA, Afgani MW. Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. J Pendidik Sains dan Komput. 2022;3(01):1–9.
Saparso. The Marketing Process. 1st ed. Wurdianto, editor. Navigating Commerce in Latin America. Jakarta: Ukrida Press; 2021. 490 p.
Alwan F, Catya K. Perancangan Visual Storytelling Media Sosial Sebagai Upaya Peningkatan Brand Awareness di Mojadiapp. J Barik [Internet]. 2023;5(1):168–82. Available from: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/
Ramadhani U, Purnomo D, Pujianto T. Strategi Promosi dalam Meningkatkan Brand Awareness Melalui Media Sosial Instagram pada Startup Trafeeka Coffee. JEPA [Internet]. 2021;5(2):377–89. Available from: jepa.ub.ac.id