Perancangan Kampanye Sosial Tentang Validasi Emosi Diri Pada Remaja di Kota Padang
Main Article Content
Nisa Fadillah Jarfa
Izan Qomarats
Remaja paling rentan untuk terserang gangguan kesehatan mental. Remaja dinilai sebagai suatu fase dengan gejolak emosi yang tinggi dan pertahananan diri yang masih rendah. Sehingga fase ini perlu diberikan pengetahuan dan pengarahan lebih mengenai cara merawat kesehatan mental demi menghindari kasus mental illness yang semakin meningkat di Indonesia. Atas hal tersebut, dilakukan perancangan kampanye sosial yang bertujuan untuk mengkomunikasikan sebagai dorongan untuk memunculkan kesadaran dalam diri remaja akan pentingnya kesehatan mental serta menerapkan regulasi emosi dalam kehidupan sehari-hari. Kampanye ini dilaksanakan di salah satu Sekolah Menengah Atas di Kota Padang. Pelaksanaan kampanye ini dilakukan dengan pendekatan yang dapat membangun suasana yang akrab, bersahabat, dan terbuka. Metode perancangan ini melibatkan analisis 5W+1H dan metode AISAS. Proses perancangan meliputi wawancara, observasi lapangan, kepustakaan, dan kuesioner online dan offline. Hasil dari perancangan ini berupa sosialiasi langsung dengan media cetak, media sosial, media interaktif, media audiovisual, serta media pendukung sebagai sarana penyampaian informasi. Kampanye yang dilaksanakan berhasil menarik perhatian dan menggugah audiens untuk dapat mengekspresikan emosi secara asertif.
Fitriani, Y., & Gina, F. (2023). Validasi Modul Pelatihan Regulasi Emosi Untuk Siswa SMP dalam Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman. Vol. 10 (1), 97-108.
Khalish, N. (2024, Januari 12). Krisis Kesehatan Mental Menghantui Generasi Z Indonesia. Diakses pada 21 Oktober 2024, dari www.rsj.acehprov.go.id: https://rsj.acehprov.go.id/berita/kategori/artikel/krisis-kesehatan-mental-menghantui-generasi-z-indonesia
Nurjanah, S. D., Chodijah, S., Nurhazizah, A. (2021) Terapi Seft (Spiritual Emotional Freedom Technique) Untuk Melepaskan Emosi Negatif pada Remaja. Bandung: Fakultas Ushuluddin.
Prawiyoga, G., A., Sadiah, L., T., Purwanugraha, A., & Elisan., N., P. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Vol 5 (1), 446-452.
Romdona, S., Junista S. S., Gunawan, A. (2024). Teknik Pengumpulan Data: Observasi, Wawancara dan Kuesioner dalam Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi dan Politik. Vol. 3 (1), 39-47.
Sudaryono. (2018). Metodologi Penelitian. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Saleh, M. Y., & Said, M. (2019). Konsep & Strategi Pemasaran. Makassar: CV SAH MEDIA.













												