Pengembangan Permainan Puzzle Karir sebagai Media Layanan Informasi Pemahaman Karir pada Anak Tunagrahita
Main Article Content
Anjani Safitri
Evi Afiati
Alfiandy Warih Handoyo
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan Puzzle Karir sebagai sarana layanan informasi dalam meningkatkan pemahaman karir pada anak tunagrahita. Anak tunagrahita memiliki keterbatasan dalam aspek kognitif, sehingga memerlukan media pembelajaran yang menarik, visual, dan mudah dipahami. Melalui media permainan berbasis puzzle, diharapkan siswa dapat mengenal berbagai jenis profesi secara lebih menyenangkan dan bermakna.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) sebagai kerangka kerja utama. Subjek penelitian adalah siswa tunagrahita ringan dan sedang yang bersekolah diSKH Fauzan. Instrumen yang digunakan meliputi observasi, wawancara, angket validasi ahli, dan tes pemahaman karir.
Berdasarkan instrumen pemahaman karir yang diberikan kepada siswa tunagrahita, didapatkan gambaran bahwa tingkat pemahaman karir siswa sebesar 12% pada kategori tinggi, 38% pada kategori sedang, dan 50% pada kategori rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Puzzle Karir yang dikembangkan sangat layak digunakan berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi, praktisi dengan persentase sebesar 87%. Pada uji media memperoleh persentase 80%, uji materi 83%, dan uji praktisi mencapai 97%. Selain itu, terdapat peningkatan pemahaman karir pada anak tunagrahita setelah menggunakan media tersebut. Dengan demikian, permainan puzzle karir ini cukup efektif sebagai media layanan informasi untuk membantu siswa tunagrahita memahami berbagai jenis pekerjaan secara lebih optimal.
Adelsi Kase, Maya Malau, Liantoro, & Dunant F.Soukotta. (2021). Pengaruh Penggunaan Permainan Puzzle dalam Pendidikan Agama Kristen untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif pada Anak Berkebutuhan Khusus. Indonesia Journal of Religious, 33-43.
Aris Taufiqur Rohman, & Febrita Ardianingsih. (2018). PERMAINAN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN PERHATIAN ANAK AUTIS DI SEKOLAH LUAR BIASA. JURNAL PENDIDIKAN KHUSUS, 1-15.
Beni Azwar, Syamsul Rizal, & Maemunah. (2023). Perencanaan Karir Siswa Dengan Layanan Bimbingan Konseling di Kelas X di SMA Negeri 2 Rejang Lebong. JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING, 88-95.
Hidayati, R. (2015). LAYANAN INFORMASI KARIR MEMBANTU PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KARIR. Jurnal Konseling GUSJIGANG Vol. 1 No. 1 .
JUWADI, I. (2013). PENERAPAN MEDIA PERMAINAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS I DI SLB/C TPA JEMBER. JURNAL PENDIDIKAN.
Khoerunnisa, S. R., Idat Muqodas, & Risty Justicia. (2023). Pengaruh Bermain Puzzle terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 49-58.
Lestari, I. (2017). MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR REMAJA MELALUI BIMBINGAN KARIR BERBASIS LIFE SKILLS. Jurnal Konseling Vol. 3 No. 1, 17-27.
M.A, I., & G. A. (2023). PENGARUH MEDIA PERMAINAN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK TUNAGRAHITA DI SLB NEGERI SEKAYU. Communnity Development Journal , 7709-7712.
Ni Luh Gede Karang Widiastuti, & I Made Astra Winaya. (2019 ). PRINSIP KHUSUS DAN JENIS LAYANAN PENDIDIKAN BAGI ANAK TUNAGRAHITA. Jurnal Santiaji Pendidikan, 116-126.
Permata, R. D. (2020). PENGARUH PERMAINAN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH ANAK USIA 4-5 TAHUN. Jurnal PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 1-10.
Prof.Dr.Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Prof.Dr.Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.













