Program Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Menangani Bullying Di MAN 2 Wonosobo
Main Article Content
Anjali Linailil 'Izzah
Faisal Kamal
Fatiatun
Bullying di lingkungan sekolah, terutama dalam bentuk verbal, masih menjadi permasalahan serius yang berdampak pada kesehatan mental dan sosial siswa. Dalam konteks pendidikan Islam, penanganan bullying dapat dilakukan melalui layanan Bimbingan dan Konseling Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program Bimbingan dan Konseling Islam dalam menangani bullying di MAN 2 Wonosobo. Menggunakan pendekatan kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan klasikal dan individual digunakan secara aktif, serta didukung kerja sama dengan pihak sekolah dan eksternal. Sebagian besar siswa memahami bullying dan merespons positif terhadap program BK Islam. Program ini dinilai efektif dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan religius.
Arsyad, Azhar. 2015. Bimbingan dan Konseling Islam: Teori dan Praktik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Bungin, Burhan. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif: Aktualisasi Metodologis ke Arah Ragam Varian Kontemporer. Jakarta: Kencana.
Kementerian Agama Republik Indonesia. 2020. Pedoman Bimbingan dan Konseling Islam di Madrasah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.
Miles, Matthew B., dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press.
Patchin, Justin W., dan Sameer Hinduja. 2015. Bullying Beyond the Schoolyard: Preventing and Responding to Cyberbullying. 2nd ed. Thousand Oaks: Sage Publications.
Sofyan, Wulandari, dan Liza. 2018. “Bentuk Bullying dan Cara Mengatasi Masalah Bullying di Sekolah Dasar.” Jurnal Psikologi Pendidikan 3 (2): 122–130.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.
Al-Qur’an, Surah Al-Hujurat [49]: 11; Surah Al-Isra’ [17]: 53.
Safitri, Ika. 2023. Dampak Negatif Bullying terhadap Perkembangan Moral Pelaku. Jurnal Psikologi Perkembangan.
Rahman, Fitria. 2021. Bullying dan Gangguan Psikosomatik pada Siswa SMP. Jurnal Kesehatan Jiwa Remaja.
Amini, Miftahul Janah.2022. Konseling Islami: Teori dan Praktik dalam Pendidikan. Malang Literasi Nusantara.
Hasanah, Umi.2020. Manajemen Bimbingan Konseling Berbasis Kolaborasi Sekolah. Yogyakarta: CV Budi Utama.













