Evaluasi Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an
Main Article Content
Annisa Fitri
Sarmila
Sri mulyani
Evaluasi merupakan komponen penting dalam dunia pendidikan yang tidak hanya berfungsi sebagai alat ukur pencapaian hasil belajar, tetapi juga sebagai sarana reflektif untuk perbaikan proses pembelajaran secara menyeluruh. Dalam konteks pendidikan Islam, evaluasi idealnya tidak sekadar berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga mencakup dimensi spiritual, moral, dan sosial peserta didik. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji konsep evaluasi pendidikan dalam perspektif Al-Qur’an, dengan menekankan pentingnya integrasi nilai-nilai keislaman seperti kejujuran, tanggung jawab, dan kesadaran akan akhirat ke dalam sistem evaluasi. Metode yang digunakan adalah studi kualitatif dengan pendekatan kepustakaan, di mana penulis menganalisis berbagai referensi seperti buku, jurnal ilmiah, serta tafsir Al-Qur’an.Hasil kajian menunjukkan bahwa beberapa ayat dalam Al-Qur’an, seperti Surah Al-Zalzalah ayat 7–8, Surah Al-Hasyr ayat 18, dan Surah Al-Kahfi ayat 104, memberikan landasan filosofis dan etis yang kuat terhadap praktik evaluasi. Ayat-ayat ini mengajarkan(1) prinsip transparansi, (2)introspeksi, dan (3) orientasi amal sebagai bagian tak terpisahkan dari penilaian terhadap tindakan manusia, termasuk dalam konteks pendidikan. Evaluasi yang berbasis nilai-nilai Qur’ani dapat membentuk peserta didik yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki integritas dan akhlak yang mulia. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan evaluasi yang komprehensif dan holistik yakni yang mampu menggabungkan pengukuran akademik dengan penanaman nilai karakter Islami dalam setiap aspek pembelajaran.
Nuzul, Surah Al-Zalzalah Ayat dan Mata Keberhasilan, Jurnal Mauri Duna, Vol. 5, No. 4, 2024, hlm. 1170–1179,
Siti Hanifah dan Sofa, Ainur Rofiq , Pendekatan Komprehensif Berbasis Al-Qur’an dan Hadits dalam Akademik, Pengembangan Islam Integrasi Kompetensi Pendidik, Surabaya, 2025, hlm. 24.
Solikhah, Amaliatus, Muhasabah dalam Al-Qur’an dan Relevansinya dengan (Kajian Tafsir Taḥlīlī Q.S. Al-Ḥasyr Ayat 18), Jurnal Tafsir dan Psikologi Islam, Vol. 2, No. 1, 2022, hlm. 21–86,
Rahma, Halim dan Rahma dalam buku Indikator Keberhasilan dalam Evaluasi Program Pendidikan, Penerbit Mandiri Akademika, Makassar, 2024, hlm. 14,
Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2009, hlm. 77,
Abdul malik karim Amrullah. “Tafsir Al-Azhar, Vol.1.” Pustaka Nasional PTE LTD, 1990, 1–699.
Admojo, Idam Ragil Widianto. Asesmen Buku Tematik. Surakarta: Cv Apjang putra Jaya, 2022.
Arikunto. Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. jakarta: Bumu aksara, 2021.
Hamka, Buya. “Tafsir Al-Azhar Juz 10.” Pustaka Nasional PTE LTD Singapura, 1989, 1689–99.
Lismawati, Dkk. Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran Berbasis Online. jogjakarta: karya bakti makmur, 2024.
Rahma, Halim &. “Indikator Keberhasilan Dalam Evaluasi Program Pendidikan” 4, no. 3 (2024).
Robiah, Dkk. “PRINSIP EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM AL-QUR’AN.” Perspektif Agama Dan Identitas 8 (2023): 290–99.
Sarjono, Robetus Adi. Pengantar Ilmu Pendidikan Teori Dan Inovasi Peningkatan SDm. bandung: Widinia Media utama, 2024.
Solikhah, Amaliatus. “Muhasabah Dalam Al-Quran Dan Relevansinya Dengan Self Healing (Kajian Tafsir Taḥlīlī Q.S. Al-Ḥasyr Ayat 18),” 2022, 21–86. http://etheses.iainkediri.ac.id/7314/1/933800218_Prabab.pdf.
Sudjana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. bandung: remaja rosdakarya, 2009.
Sulistiyo, Dkk. Supervisi Pendidikan. bengkalis: DOTPLUS publisher, 2021.
Tafsir, Penerapan, Q S Al, Zalzalah Ayat, and D A N Terhadap. “Jurnal Pendidikan : Kajian Dan Implementasi Jurnal Pendidikan : Kajian Dan Implementasi” 7, no. 1 (2025): 13–26.
Ummah, Masfi Sya’fiatul. Tafsir Al-Munir 8. Sustainability (Switzerland). Vol. 11, 2019.
Abdul malik karim Amrullah. “Tafsir Al-Azhar, Vol.1.” Pustaka Nasional PTE LTD, 1990, 1–699.
Admojo, Idam Ragil Widianto. Asesmen Buku Tematik. Surakarta: Cv Apjang putra Jaya, 2022.
Arikunto. Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. jakarta: Bumu aksara, 2021.
Hamka, Buya. “Tafsir Al-Azhar Juz 10.” Pustaka Nasional PTE LTD Singapura, 1989, 1689–99.
Lismawati, Dkk. Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran Berbasis Online. jogjakarta: karya bakti makmur, 2024.
Rahma, Halim &. “Indikator Keberhasilan Dalam Evaluasi Program Pendidikan” 4, no. 3 (2024).
Robiah, Dkk. “PRINSIP EVALUASI PEMBELAJARAN DALAM AL-QUR’AN.” Perspektif Agama Dan Identitas 8 (2023): 290–99.
Sarjono, Robetus Adi. Pengantar Ilmu Pendidikan Teori Dan Inovasi Peningkatan SDm. bandung: Widinia Media utama, 2024.
Solikhah, Amaliatus. “Muhasabah Dalam Al-Quran Dan Relevansinya Dengan Self Healing (Kajian Tafsir Taḥlīlī Q.S. Al-Ḥasyr Ayat 18),” 2022, 21–86. http://etheses.iainkediri.ac.id/7314/1/933800218_Prabab.pdf.
Sudjana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. bandung: remaja rosdakarya, 2009.
Sulistiyo, Dkk. Supervisi Pendidikan. bengkalis: DOTPLUS publisher, 2021.
Tafsir, Penerapan, Q S Al, Zalzalah Ayat, and D A N Terhadap. “Jurnal Pendidikan : Kajian Dan Implementasi Jurnal Pendidikan : Kajian Dan Implementasi” 7, no. 1 (2025): 13–26.
Ummah, Masfi Sya’fiatul. Tafsir Al-Munir 8. Sustainability (Switzerland). Vol. 11, 2019.













