Perancangan Motion Graphic Kampanye Sosial Sebagai Media Edukasi Tentang Bahaya Judi Online
Main Article Content
Muhammad Herzan Pratama
Harissman
Muhammad Syukri Erwin
Teknologi digital dan akses internet yang luas telah meningkatkan prevalensi perjudian Online, terutama di kalangan remaja. Judi Online tidak hanya menimbulkan dampak finansial tetapi juga memengaruhi kondisi psikologis, sosial, dan moral masyarakat. Konsep perancangan media Motion Graphic melalui kampanye sosial sebagai media edukasi tentang bahaya judi Online dengan pendekatan desain komunikasi visual yang menarik dan mudah dipahami. Metode perancangan melalui teknik pengambilan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan melakukan kuesioner, segmentasi target audiens dan menggunakan strategi komunikasi kreatif AIDMA (Attention, Interest, Desire, Memory, Action) digunakan dalam perancangan. Perwujudan Motion Graphic dimulai dari perencanaan konsep visual melalui moodboard. Desain kemudian diwujudkan dalam bentuk sketsa dan narasi voice over. Tahapan digitalisasi dan finalisasi menjadi tahap akhir dalam proses produksi. Hasil perancangan Motion Graphic bahaya judi Online disebarkan secara langsung melalui kampanye sosial dan melalui sosial media, bauran media sebagai pendukung kampanye sosial seperti banner, vertikal banner, poster, sosial media instagram, merchandise (sticker pack, baju, botol minum, gantungan kunci, dan totebag).
Amir, A. (1997). Materi pokok perencanaan dan pengelolaan pembelajaran pendidikan agama islam. Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Dan Universitas Terbuka.
Anas, M. Alimazar & Nashbahry Couto, Psikologi Persepsi & Desain Informasi: Sebuah Kajian Psikologi Persepsi dan Prinsip Kognitif untuk Kependidikan dan Desain Komunikasi Visual, Yogyakarta: Media Akademi, 2015. Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2013. Jurnal PGSD Fip Universitar Negeri Surabaya, 3(2), 105.
Achmad, A. Z., Santosa, H. D., & Putri, S. K. (2021). Analyzing the effectiveness of emotional appeals in advertising: A comparative study of different age groups. Jurnal Office: Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(2), 387-392.
Barnadib, S. I. (2009) Pengantar lmu Pendidikan Sistematis, Yogyakarta:
Dowling, N. A. (2014). The impact of gambling problems on families. Journal of Gambling Issues, 29, 1-6.
Fecher, T. (2017). Motion Graphics Design Academy-the basics. Hösbach: Timo Fecher.
Firdausiah, S. (2023). Perancangan Motion Graphic “Yuk! Kenali Pubertas” bagi Remaja di Kampung KB Gugunungan Kab. Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.
Fortuna, L., Danil, E., & Yoserwan, Y. (2023). PENEGAKAN HUKUM TERHADAP TINDAK PIDANA PERJUDIAN ONLINE DI WILAYAH HUKUM KEPOLISIAN RESOR KOTA PADANG PANJANG. UNES Law Review, 5(4), 2496-2506.
Hammer, T. J. (1976). Ensiklopedi pendidikan. Jakarta: Gunung Agung.
Hum, D. P. S., Agus, B., & Iip, S. S. (2018). Team project© 2017 Dony Pratidana S. Hum| Bima Agus Setyawan S. IIP. Fti Umn, 53(9), 1-15.
Jogiyanto, H. M. (2005). Analisis dan Desain Informasi. Yogyakarta: Andi.
Junaedi, F. (2019). Semiotika: Sebuah Pengantar Ringkas. Repository UMY.
Kartono, K. (2005). Patologi Sosial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kelly, R. (2011). Introduction to Information Systems. John Wiley & Sons, Inc.
Krasner, J. (2013). Motion Graphic design: applied history and aesthetics. Taylor & Francis.
Limbong, E. G., & Winarni, R. W. (2019). Daya tarik emosional dalam iklan Coca Cola versi “Rayakan Namamu” sebagai kampanye anti-bullying. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmana, 1(2), 155-162.
Mappiare, A. (2005). Psikologi Remaja. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Marimba, A. D. (2008). Pengantar filsafat pendidikan Islam. Bandung: Al-Maarif.
Meilani, M. (2013). Teori Warna: Penerapan Lingkaran Warna dalam Berbusana. Humaniora, 4(1), 326-338.
Monks, F. J., Knoers, A. M., & Haditono, S. R. (2002). Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Munadi, Y. (2008). Sebuah Pendekatan Baru. Bandung: Jurusan Kurtekpend FIP UPI.
Neliti.a(2023). PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMASI: AKAR REVOLUSI DAN BERBAGAI STANDARNYA.
Notoatmodjo, S. (2003). Pendidikan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Nurmadiah, N. (2016). Media pendidikan. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1).
Oktaviyani, P. (2018). Peran Kepolisian dalam Penanggulangan Judi Togel Online (Studi Kasus di Kepolisian Sektor Laweyan Surakarta).
Panjaitan, I. P. (2019). Pertanggungjawaban pidana pelaku yang tanpa hak membuat dapat diakses informasi dokumen elektronik yang memiliki muatan perjudian (Studi Putusan Nomor.794/Pid.Sus/2018/PN.Mdn).
Permana, J., & Deliana, S.M. (2018). Perilaku Judi Kupon Togel Pada Remaja Desa Sukorejo Kabupaten Kendal.
Putra, R. W. (2021). Pengantar desain komunikasi visual dalam penerapan. Penerbit Andi.
Romli, A. S. M. (2012). Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendikia.
Rulli Nasrullah. (2017). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Rustan, S. (2008). Layout dasar dan penerapannya. Gramedia Pustaka Utama.
Sari, R. "Potret Media Informasi Kesehatan Bagi Masyarakat Urban di Era Digital." Jurnal Kesehatan Masyarakat, 2023.
Sasmita, G. G. (2015). Rancang Bangun Media Informasi Bis Umum Di Terminal Purwokerto Berbasis Android. Purwokerto: Fakultas Teknik UMP.
Korenman.J. (2018). School of Motion. Experiment. Fail. Repeat. School of
Kotler, P., & Lee, N. R. (2008). Social Marketing: Influencing Behaviors for Good. SAGE Publications.
Motion, Inc.
Shir, M. F. D., & Asadollahi, M. O. S. T. A. F. A. (2014). The role of Motion Graphics in visual communication. Indian Journal of Scientific Research, 7(1), 820-824.
Soesilo, R. (1986). Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP). Bandung: Karya Nusantara.
Susanti, R. (2021). JUDI ONLINE DAN KONTROL SOSIAL MASYARAKAT PEDESAAN (Online Gambling and Social Control of Rural Communities ). ETNOREFLIKA: Jurnal Sosial dan Budaya.
Witari, N. N. S., & Widnyana, I. G. N. (2014). Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta :Graha Ilmu.