Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis 3D Pada Materi Nilai-Nilai Pancasila
Main Article Content
Oktaviani
Merlinda Atika
Muhana Sabina
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran inovatif berupa pop-up book berbasis 3D sebagai sarana untuk meningkatkan pemahaman siswa sekolah dasar terhadap nilai-nilai Pancasila. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 3D (Define, Design, Develop) hasil modifikasi dari model 4D Thiagarajan. Pop-up book dikembangkan secara visual dan naratif untuk menyampaikan nilai-nilai Pancasila secara konkret dan menyenangkan. Hasil validasi oleh ahli materi, ahli media, serta guru menunjukkan bahwa media ini tergolong layak digunakan dalam pembelajaran. Tanggapan siswa terhadap media juga menunjukkan ketertarikan dan pemahaman yang meningkat. Penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pop-up book 3D efektif sebagai alat bantu pembelajaran nilai di tingkat sekolah dasar.
Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Endang, M. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemendikbudristek.
Maulidina, D., & Sari, D. N. (2022). Pengembangan Media Pop-Up Book dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 45–55.
Putri, S. R., & Pramudibyanto, H. (2020). Analisis Pembelajaran PPKn Berbasis Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 101–110
.
Suryani, L. (2021). Pendidikan Nilai dalam Kurikulum Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(3), 375–387.
Tisna Umi Hanifah. (2014). Pemanfaatan Media Pop-Up Book Berbasis Tematik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Verbal-Linguistik Anak Usia 4–5 Tahun. BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2), 46–54.