Membangun Generasi Cerdas Beriman: Warisan Pemikiran Pendidikan K.H. Ahmad Dahlan
Main Article Content
Annisa Fitri
Fitri Agustina
Sarmila
Siti Intan Rahmawati5
Sri Mulyani
Sumiyati
M. Egi Khareza Rendra
Pendidikan memegang peranan vital dalam membentuk generasi berakhlak dan berwawasan luas. Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan menjadi titik tolak penting dalam reformasi pendidikan Islam karena mengintegrasikan nilai keislaman dan ilmu pengetahuan umum secara seimbang. Penelitian ini bertujuan menelaah secara mendalam konsep pendidikan beliau dalam membentuk generasi cerdas beriman, menggunakan pendekatan kualitatif berbasis studi pustaka dari literatur sejarah dan ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beliau menerapkan sistem kelas, kurikulum terpadu, serta pendekatan kontekstual dalam pengajaran, seperti penerapan QS. Al-Ma’un yang tidak hanya dihafal tetapi diamalkan dalam bentuk kepedulian sosial. Pendidikan menurut beliau tidak hanya mencerdaskan, tetapi juga menanamkan nilai-nilai moral, nasionalisme, dan tanggung jawab sosial. Kesimpulannya, pemikiran K.H. Ahmad Dahlan masih sangat relevan dalam membangun sistem pendidikan Islam yang progresif dan kontekstual di era modern.
Agus, Ratna Etikasari. “Islamic Education According to Ahmad Dahlan's Perspective: Contribution and Implementation in A Modern Social Context.” MA'ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 5, no. 2, 2023.
Akhyar, Muaddyl, Zulmuqim, dan Muhammad Kosim. “Gagasan Pembaharuan Pendidikan Islam Berkemajuan Perspektif K.H. Ahmad Dahlan.” Kariman: Jurnal Pendidikan Keislaman, vol. 12, no. 1, 2023.
Faizi, Nur. “Pemikiran Ahmad Dahlan tentang Pendidikan dan Relevansinya dengan Pendidikan Kontemporer.” eL-HIKMAH: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan Islam, vol. 16, no. 1, 2022.
Hermawanti, Yuliana. "Konsep Pendidikan Menurut KH. Ahmad Dahlan." Promis: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 2, no. 1, 2020.
Hidayatulloh, M. "Kompetensi Kepribadian Guru dalam Perspektif K.H. Ahmad Dahlan." Tadibuna: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 3, no. 2, 2022.
Miranda, Merry, dan Muhizar Muchtar. “Analisis Pemikiran K.H. Ahmad Dahlan Tentang Pendidikan Islam.” Journal Millia Islamia, vol. 3, no. 2, 2023.
Redoan, Muhammad. "Konsep Pendidikan Islam Menurut KH. Ahmad Dahlan." ALBAHRU: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 1, no. 2, 2022.
Salsabila, Naqiyyah, Sakha Fadhila, dan Fatia Aulia Rahma. “Membangun Karakter Bangsa: Implementasi Pemikiran Pendidikan KH. Ahmad Dahlan di Era Modern.” MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, vol. 3, no. 1, 2025.
Suliyanto, S.D., Maulina, S., & Amrillah, R. "Konsep Pendidikan Islam Menurut K.H. Ahmad Dahlan." Jurnal Ilmiah Multidisiplin, vol. 3, no. 03, 2024.
Anas, Faisal. 2020. “Menjaga Warisan: Pendidikan Karakter Muhammadiyah Tahun 1923¬1942.” Jantra. 15(1):51–60. doi: 10.52829/jantra.v15i1.132.
Rafsanjani, Toni Ardi, and Muhammad Abdur Razaq. 2019. “Internalisasi Nilai-Nilai Keislaman Terhadap Perkembangan Anak Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kriyan Jepara.” Profetika: Jurnal Studi Islam 20(1):16–29. doi: 10.23917/profetika.v20i1.8945.
Ratnawati, Eka, Hendratno, and Nurul Istiq’faroh. 2024. “Pemikiran Pendidikan K.H. Ahmad Dahlan Dan Relevansinya Dengan Dunia Pendidikan Modern.” Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya Indonesia 1(2):43–50. doi: 10.61476/xfa5ar58.













