Pengembangan Media Pancakita Board Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Keteladanan Nilai-Nilai Pancasila Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar
Main Article Content
Farah Amelia
Ike Wulandari
Hera Wati
Afifatur Rifqiah
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Pancakita Board sebagai alat bantu pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) yang inovatif, menyenangkan, dan kontekstual. Media ini ditujukan untuk meningkatkan pemahaman dan keteladanan siswa kelas III SD terhadap nilai-nilai Pancasila. Penelitian menggunakan model Research and Development (R&D) Borg and Gall, dengan pengumpulan data melalui observasi, angket, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa Pancakita Board efektif meningkatkan pemahaman dan keteladanan siswa, dengan gain score rata-rata sebesar 0,68 (kategori sedang-tinggi) dan respon siswa positif sebesar 91,25%.
Akbar, J. S., Dharmayanti, P. A., Nurhidayah, V. A., Lubis, S. I. S., Saputra, R., Sandy, W., Maulidiana, S., Setyaningrum, V., Lestari, L. P., Ningrum, W. W., Astuti, N. M., Nelly, Ilyas, F. S., Ramli, A., Kurniati, Y., & Yuliastuti, C. (2023). Model dan Metode Pembelajaran Inovatif (Teori dan Panduan Praktis) (Vol. 1).
Amanda Kurnia Pangestu1, Fatkhul Hidayati2, E. M. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PAKANILA UNTUK MENINGKATKAN. 8(6), 45–47.
Antari, L. P. S. A., & Liska, L. de. (2020). Implementas Nilai-Nilai Pancasila dalam Penguatan Karakter Bangsa. Jurnal Widyadari, 21(2), halaman 676-687.
Darniyanti, Y., Efriani, N., & Susilawati, W. O. (2021). Pengembangan Media Komik Penerapan Sila Pancasila PPKn Kelas 3 Di Sekolah Dasar Kabupaten Dharmasraya. Jurnal Pendidikan, 30(3), 455.
Heni Widiastuti, Ferry V.I.A Koagouw, K. S. J. (2018). Teknik Wawancara Dalam Menggali Informasi Pada Program Talk Show Mata Najwa Episode Tiga Trans 7. Jurnal Acta Diurna, 7(2), 1–5.
Kemendikbud. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter.
Mania, S. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220–233. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7
Sawitri, N. P. E. (2013). UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PKn. Mimbar PGSD UNDIKSHA, 1(1), 1–10. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/640
Siregar Aisyah, N., Harahap Royani, N., & Harahap Sari, H. (2023). Hubungan Antara Pretest dan Posttest dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VII B Di MTS Alwashliyah Pantai Cirebon. Edunomika, 07(01), 2–3.
Worang, T. J., & Jacobus, S. N. H. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Big Book “Garuda Pancasila” untuk Meningkatkan Pemahaman Nilai Pancasila Siswa kelas 3. Journal on Education, 6(4), 22041–22056.













