Pengaruh Penggunaan Praktikum Klasifikasi Fungi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Di MI Al Hidayah Mangli Jember
Main Article Content
Sofiatul Riski
Muhammad Suwignyo Prayogo
Itna Khusnatul Azizah
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan spesimen jamur lokal sebagai media pembelajaran berbasis lingkungan sekitar dalam meningkatkan pemahaman siswa sekolah dasar terhadap materi jamur. Materi jamur dalam pembelajaran biologi di tingkat dasar sering kali kurang diminati karena keterbatasan media yang menarik dan kontekstual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi-experimental) tipe pretest-posttest non-equivalent control group. Dua kelas dari sekolah dasar dipilih secara purposif sebagai kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen menggunakan media spesimen jamur lokal, sementara kelompok kontrol diajar menggunakan metode konvensional tanpa media tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan sebesar 35% dalam pemahaman konsep pada kelompok eksperimen. Penggunaan spesimen jamur tidak hanya meningkatkan hasil belajar, tetapi juga minat, motivasi, dan keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran. Media ini memungkinkan pembelajaran kontekstual, mendorong keterampilan observasi, serta memperkuat sinergi antara sekolah, rumah, dan lingkungan sekitar. Kendala utama yang dihadapi adalah ketersediaan spesimen yang aman dan representatif, serta kebutuhan pelatihan guru. Solusi yang ditawarkan antara lain adalah integrasi media digital untuk melengkapi spesimen fisik. Penelitian ini merekomendasikan penerapan media berbasis lingkungan lokal secara lebih luas dalam kurikulum pendidikan dasar untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran biologi, khususnya materi jamur, serta menumbuhkan kesadaran pelestarian keanekaragaman hayati pada siswa sejak dini.
Amalia, Silvia Nisa. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pelajaran Ips. Joyful Learning Journal, 12(1), 53–58.
Maharani, Okta Narita, Nopa, Putri Gasa, Anggraini, Regita, Lendri, Reva, Utami, Nadya Putri, & Syarifuddin. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Pada Siswa Kelas V Di Sdn 45 Palembang. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2), 1–23.
Noni, Aziz, Andi Asmawati, & Saleh, Andi Rahmat. (2024). Efektivitas Penggunaan Spesimen Jamur Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Biologi Di Smas Muhammadiyah Kalosi Kabupaten Enrekang. Biogenerasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 180–184.
Pakaya, Haerunnisa, Maryati, Sri, & Pambudi, Moh Rio. (2025). Desain Media Pembelajaran Berbasis Digital Flipbook Pada Mata Pelajaran Geografi Materi Keanekaragaman Hayati. Jurnal Riset Dan Pengabdian Interdisipliner, 2(1), 44–50.
Retnowati, Rita, & Putri, Sri Ainiyyah. (2023). Keanekaragaman Jamur Makroskopis sebagai Bahan Ajar Pengayaan Biologi. Proceeding Biology Education Conference, 20(1), 49–53.
Rofiqoh, Wiji Eni Yuli, & Martuti, Nana Kariada Tri. (2015). Pengaruh Praktikum Jamur Berbasis Keterampilan Proses Sains terhadap Hasil Belajar Biologi Materi Jamur. Unnes Journal of Biology Education, 4(1), 9–15.
Shofiyullah, Yolanda Hanani, & Lisdiana, Lisa. (2022). Profil Validitas E-Lkpd Literasi Sains Pada Materi Jamur Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X. Bioedu, 11(1), 240–249.
Vevi Ochadi, Maydiana, & Guntur, Trimulyono. (2024). Pengembangan E-Lkpd Materi Jamur Berbasis Contextual Teaching And Learning Untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X. Bioedu, 13(1), 164–174.
Asnawi, M. Ilham. (2023). Inventarisasi Jamur Makroskopis Pada Tandan Kosong Kelapa Sawit (Tkks) Desa Salugatta Kabupaten Mamuju Tengah Sebagai Media Pembelajaran Biologi. Universitas Sulawesi Barat.
Azizah, Nafiah Siduppa Rahman, Nurhayati, B., & Suryani, A. Irma. (2023). Pengaruh Penggunaan Berbagai Media Pembelajaran Pada Materi Jamur Terhadap Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Biologi FMIPA UNM Inovasi Sains Dan Pembelajarannya: Tantangan Dan Peluang, 337–344
Situmorang, M., & Yanti, D. (2021). Penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 9(2), 125-132.
Wahyuni, E., Hidayati, N., & Ramdani, A. (2020). Pengembangan model pembelajaran berbasis alam untuk meningkatkan hasil belajar dan kepedulian lingkungan siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Alam Indonesia, 3(1), 45-54.













